Presiden Zelensky: Afrika Jadi Sandera Perang Rusia di Ukraina -->

Iklan Atas

Presiden Zelensky: Afrika Jadi Sandera Perang Rusia di Ukraina

Selasa, 21 Juni 2022

Afrika dianggap menjadi sandera di Perang Rusia di Ukraina.


UKRAINA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut Afrika sebagai "sandera" perang Rusia dalam pidatonya di Uni Afrika (AU), pada Senin (20/6/2022).


Invasi Rusia, dan blokade ekspor biji-bijian Ukraina, telah memicu kekurangan biji-bijian dan pupuk dan menempatkan jutaan orang dalam bahaya kelaparan.

"Afrika sebenarnya adalah sandera... dari mereka yang melancarkan perang melawan negara kita", kata Zelensky dalam pidatonya.


Dia mengatakan pemerintahnya terlibat dalam "negosiasi rumit" untuk membuka blokir cadangan biji-bijian yang terperangkap di pelabuhan Laut Hitam Ukraina,sebagaimana dikutip okezone.com.


"Perang ini mungkin tampak sangat jauh bagi Anda dan negara Anda," ujarnya kepada AU.


"Tapi harga pangan yang melonjak drastis telah membawa [perang] ke rumah jutaan keluarga Afrika,” lanjutnya.


Pidato AU Zelensky datang hampir 10 minggu setelah dia pertama kali meminta untuk berbicara di badan kontinental itu.


Ketua Komisi AU Macky Sall mengatakan ada "kebutuhan mendesak untuk dialog" untuk memulihkan stabilitas global.


Negara-negara Barat telah mendesak Rusia untuk melepaskan toko gandum besar Ukraina. Blokade telah membuat harga pangan melonjak.


BBC mencatat bahwa 55 kepala negara diundang ke sesi virtual, tetapi hanya empat yang hadir. Sedangkan negara-negara lain mengirim perwakilan.


Negara-negara Afrika terpecah dalam menanggapi perang Rusia di Ukraina. Pada bulan Maret, 17 negara Afrika abstain dalam pemungutan suara PBB untuk mengutuk invasi tersebut.


Tetapi pada Senin (20/6/2022), Ketua AU berterima kasih kepada Zelensky karena telah berbicara dengan serikat pekerja.


Sall mengatakan bahwa "Afrika tetap berkomitmen untuk menghormati aturan hukum internasional, resolusi damai konflik dan kebebasan perdagangan".


Awalnya, AU tidak ingin ditangani oleh Zelensky, dan tidak sepenuhnya setuju dengan apa yang dia katakan - mereka ingin dialog untuk menyelesaikan krisis, seperti yang selalu mereka lakukan.


Awal bulan ini, Sall mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia mengatakan kepada Putin bahwa negara-negara Afrika adalah korban perang di Ukraina dan Rusia harus membantu meringankan penderitaan mereka.


Sebelumnya pada Senin (20/6/2022), Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan tentang blokade Rusia.


"Ini adalah kejahatan perang yang nyata, jadi saya tidak dapat membayangkan bahwa ini akan berlangsung lebih lama,” terangnya.


Borrell bertemu dengan para menteri luar negeri Uni Eropa di Luksemburg pada Senin (20/6/2022) untuk membahas krisis tersebut.


Dia menggambarkan tindakan Moskow sebagai "upaya yang disengaja untuk menciptakan kelaparan di dunia".


Dia menolak klaim Rusia bahwa krisis pangan saat ini adalah akibat dari sanksi UE, menambahkan bahwa mereka "tidak melarang" negara-negara di luar UE melakukan perdagangan makanan dengan Rusia atau negara lain.


Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna mengatakan bahwa "Rusia harus berhenti bermain dengan kelaparan global" karena mencari pengaruh atas Barat.


"Membiarkan sereal diblokir berbahaya bagi stabilitas di dunia," katanya.


Kepala kantor perdana menteri Polandia, Michal Dworczyk, berbicara dengan menteri infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov tentang perubahan yang akan mempercepat pemeriksaan truk di perbatasan Polandia-Ukraina untuk membantu mengekspor lebih banyak gandum dari Ukraina.(*)