Banjir Rob Diprediksi Terjang Pesisir Utara Jakarta 8-17 Juli 2022, Warga Diminta Waspada -->

Iklan Atas

Banjir Rob Diprediksi Terjang Pesisir Utara Jakarta 8-17 Juli 2022, Warga Diminta Waspada

Senin, 11 Juli 2022

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan banjir rob di pesisir utara Jakarta 8-17 Juli 2022.


Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan banjir rob di pesisir utara Jakarta 8-17 Juli 2022. Hal itu berdasarkan informasi BMKG Stasiun Meteorolgi Kelas I Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Dini Banjir Pesisir (ROB) wilayah Jakarta Utara. 


"Berdasarkan Siaran Pers BMKG Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (ROB) tanggal 8 sampai dengan 17 Juli 2022, saat ini bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum," tulis laman Instagram @bpbddkijakarta dikutip Senin (11/7/2022),sebagaimana dikutip iNews.id.


BPBD DKI menjelaskan wilayah pesisir DKI Jakarta di Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda, dan Kepulauan Seribu berpotensi banjir rob. BPBD mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir.


Kemudian, masyarakat diminta untuk memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman resmi BPBD DKI Jakarta. Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan bisa segera menghubungi Call Center Jakarta Siaga 112.


"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG," tuturnya.(*)