Meriah, Momen FLS2N Diknas Payakumbuh Eksplor Kearifan Lokal Siswa -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Meriah, Momen FLS2N Diknas Payakumbuh Eksplor Kearifan Lokal Siswa

Rabu, 13 Juli 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Selama 3 hari ini, halaman Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dipadati siswa SD dan SMP sederajat. Kehadiran siswa ini adalah untuk mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional yang digelar Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh melalui Bidang Pendidikan Dasar dengan Memuliakan Kearifan Lokal Menembus Dunia. 


Sejumlah lomba diperlagakan keahlian seni yang mereka kagumi. Lomba ini menghadirkan dewan penilai profesional dan independen dari luar Kota Payakumbuh.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril dalam keterangannya menyebut bahwa setiap tahun Kementrian Pendidikan Kebudayaan dan Teknologi selalu mengadakan Festifal Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N ). Untuk Kota Payakumbuh sendiri, kegiatan tersebut diadakan pada bulan Juli ini selama 3 hari, 12 hingga 14 Juli 2022.


"selama tiga hari ini kita akan adakan lomba FLS2N bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh yang berada dekat Pasar Tradisional Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara. Kegiatan lomba ini untuk mencari bibit-bibit baru yang akan mewakil Kota Payakumbuh pada perlombaan selanjutnya, baik propinsi dan nasional,"terqng Dasril Rabu(13/07/2022) sore. 


“Adapun lomba yang kita adakan untuk tingkat SD lomba menyanyi, gambar bercerita, pantomim, seni tari dan karya anyam. Sementara untuk tingkat SMP yakni lomba vokal solo, gitar duet, kreatifitas tari, desain poster dan kreatifitas musik tradisional,”kata Dasril.


Dasril sampaikan dari semua jenis perlombaan yang didakan baik itu tingkat SD dan SMP total jumlah peserta ada sekitar 300 orang, jumlah ini dari peserta mulai dari solo hingga grup. Untuk grup, ini ada jumlah pesertanya 6 orang hingga lebih 10 orang.


“Melalui lomba ini kita berharap bisa mengevaluasi pembinaan bakat seni yang ada disekolah-sekolah baik SD dan SMP. Selanjutnya kita ingin mengembangkan kopetensi berdasarkan minat dan bakat siswa,sambil kita ikut lomba dalam tingkat propinsi dan nasional. Untuk nasional biasanya Kota Payakumbuh bisa bicara hingga tingkat nasional dalam bidang seni,”ungkap Dasril.(Ul)