Petugas OP Masuk Nominasi 5 Besar Lomba Juru dan Pengamat Irigasi Tingkat Sumbar -->

Iklan Atas

Petugas OP Masuk Nominasi 5 Besar Lomba Juru dan Pengamat Irigasi Tingkat Sumbar

Kamis, 28 Juli 2022

Bupati dan Wabup Tanah Datar foto bersama dalam menerima tim penilai lomba juru dan pengamat irigasi, di Gedung Indo Jolito Batusangkar


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah menjadikan perbaikan irigasi menjadi salah satu Program Unggulan (Progul) yang menjadi prioritas utama untuk dilaksanakan.


Hal itu disampaikan, Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi Wakil Bupati Richi Aprian, saat menyambut tim penilai lomba juru dan pengamat irigasi tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2022, di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Kamis (28/7/22). 


Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih, kepada petugas OP (Operasi dan Pemeliharaan), yang telah mampu masuk nominasi 5 besar dalam lomba yang dilaksanakan.


"Tentunya, keberhasilan petugas OP Tanah Datar masuk nominasi 5 besar dalam lomba ini perlu diapresiasi. Karena kegiatan ini sejalan dengan Progul Tanah Datar, dalam memperbaiki irigasi yang ada di Tanah Datar," katanya.


Sejalan dengan perbaikan irigasi yang bertujuan menjamin ketersediaan air untuk pengolahan lahan pertanian, tambah Eka, Pemerintah Daerah juga telah meluncurkan Program Bajak Gratis, Asuransi Tani dan Ternak serta pupuk bersubsidi.


"Dikarenakan 72% masyarakat Tanah Datar bergerak di sektor pertanian, maka Pemerintah Daerah juga meluncurkan Program Mesin Bajak Gratis yang memang mengratiskan dari mesin, BBM sampai operator untuk membajak 4.200 hektar lahan, kemudian juga telah alokasikan 2.000 hektar tanaman dan juga 2.000 ekor ternak sapi/kerbau untuk di asuransikan," katanya.


Bahkan, tambah Eka, di beberapa wilayah yang sangat sulit dan belum memiliki saluran irigasi, pemerintah daerah baersama masyarakat secara swadaya juga telah memanfaatkan mesin pompa air untuk menaikan air agar bisa mengairi lahan pertanian masyarakat.


"Atas nama pemerintah daerah, Saya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada petugas OP yang menjadi perwakilan Kabupaten Tanah Datar pada lomba ini, semoga ini menjadi motivasi tersendiri agar terus berbuat terbaik untuk Tanah Datar," sampainya.


Sementara itu, tim penilai Rida Ruslan menyampaikan, dalam lomba petugas OP dibagi dalam dua kategori yakni Kategori Juru dan Kategori Pengamat. "Petugas OP Tanah Datar sudah masuk nominasi 5 besar dan hari ini dilaksanakan kunjungan langsung ke lokasi, di Kecamatan Lintau Buo dan Kecamatan Tanjung Emas," sampainya.


Dikatakan Rida Ruslam, penilaian ini bertujuan memotivasi petugas OP lebih termotivasi untuk melaksanakan pemeliharaan sarana irigasi sesuai dengan tanggungjawab masing-masing. "Ketika irigasi dirawat dengan baik, Petugas OP sebenarnya bisa berperan penting untuk menghemat anggaran Pemerintah Daerah, karena membangun irigasi baru membutuhkan biaya yang cukup besar," katanya.


Ditambahkan Rida lagi, dalam penilaian Petugas OP bukan hanya keterdukungan anggaran saja, namun juga kemampuan petugas serta dukungan pemerintah daerah, melalui kebijakan yang dilahirkan tentang irigasi.


"Melihat sambutan dan penyampaian Bupati serta kehadiran Wabup, menjadi bukti bahwa perhatian pemerintah daerah terhadap irigasi sangat tinggi, tentunya penyampaian ucapan terima kasih dan ungkapan apresiasi patut disampaikan," pungkasnya. (*/F12)