Semakin Dekat dengan Masyarakat, Samsat Nagari Hadir di 8 Kota/Kab di Sumbar -->

Semakin Dekat dengan Masyarakat, Samsat Nagari Hadir di 8 Kota/Kab di Sumbar

Kamis, 21 Juli 2022
.


Padang - Jasa Raharja, Polri dan Badan Pendapatan Daerah yang tergabung kedalam Sistim Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) terus berusaha dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 


Ketiga instansi yang disebut dengan Tim Pembina Samsat terus melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLL). Salah satu inovasi yang dibuat oleh Tim Pembina Samsat Provinsi Sumatera Barat yaitu dengan adanya Samsat Nagari. 


Samsat Nagari tersebar di 8 Kota dan Kabupaten di Sumatera Barat yaitu Samsat Nagari Sicincin, Samsat Nagari Balai Salasa, Samsat Nagari Bahagia, Samsat Nagari Air Bangis, Samsat Nagari Limbanang, Samsat Nagari Koto Baru, Samasat Nagari Sialang Gaung dan Samsat Nagari Muaro Labuh. 


Raihan Farani, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat menyampaikan keberadaan Samsat Nagari di 8 Kota dan Kabupaten di Sumatera Barat ini merupakan kemudahan yang diberikan kepada masyarakat yang berdomisi atau tinggal jauh dari kantor induk Samsat. 


“Kita bisa ambil contoh masyarakat Solok Selatan yang domisilinya jauh dari Samsat Induk yang berada di Padang Aro, bisa melakukan pembayaran pajak di Samsat Nagari Muaro Labuh. Namun apabila masih jauh juga jarak yang harus ditempuh, kita juga memiliki pelayanan Samsat Keliling yang beroperasi setiap minggunya di lokasi yang berbeda. Jadi bisa di sesuaikan dan dipilih tempat untuk melakukan pembayaran PKB dan SWDKLLJ”. 


Lokasi Samsat Nagari berada di Kantor Wali Nagari dengan hari operasional Senin-Jumat. Namun untuk pelayanan hanya menerima untuk daftar ulang kendaraan bermotor dan pembayaran PKB dan SWDKLLJ tahunan, tidak dapat melayani untuk pajak lima tahunan atau ganti STNK. 


“Proses pelayanan di Samsat Nagari sangatlah cepat dan mudah. Jadi masyarakat tidak perlu takut untuk membayar PKB & SWDKLLJ karena ribet ataupun jauh dari rumah. Samsat Nagari inilah solusi yang kami berikan”, tutup Raihan. (jr)