Masyarakat Kab.Solok Protes, Zat Kimia Pabrik Aqua Danone Dibongkar di Rumah Warga -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Masyarakat Kab.Solok Protes, Zat Kimia Pabrik Aqua Danone Dibongkar di Rumah Warga

Kamis, 04 Agustus 2022
Warga Kayu Aro Cakue dan Icon mendatangi pabrik Aqua Danaone mempertanyakan pembongkaran zat kimia di rumah. Kedatangan mereka disambut Bagian Logistik PT. Tirta Investama, Edo.


Solok, fajarsumbar.com - Sejumlah warga mempertanyakan pembongkaran zat kimia di rumah warga untuk pabrik Aqua Danone PT.Tirta Investama Solok di Kayu Aro, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar).


Sementara pihak Aqua saat dikonfirmasi wartawan dalam perihal ini terperanjat. Pihak Aqua mengakui itu telah menyalahi prosedur karena seharusnya zat kimia itu dibongkar di pabrik bukan di lokasi lain.


Bahan kimia untuk bahan kebutuhan pabrik tersebut diduga dibongkar di salah satu rumah warga. Dikhawatirkan pembongkaran bahan aktif berbahaya tersebut bisa berdampak dan membahayakan kepada masyakat sekitar.

Gustian ‘Cakue’ dan Afrizon atau Icon selaku anak nagari setempat langsung menyikapi hal tersebut dengan mendatangi Aqua pihak yang bertanggungjawab. Mereka mempertanyakan kegiatan pembongkaran zat kimia untuk Aqua di rumah warga, sedianya harus dibongkar di pabrik. "Kok kenapa mesti dulu dibongkar di rumah masyarakat dan apa alasannya. Ini kan zat kimia, bisa membahayakan ke masyarakat," ujar mereka kepada media ini, Kamis (4/8/2022).


Diakui, atas peristiwa tersebut, pabrik Aqua yang  berada di Jorong Kayu Aro dikunjungi langsung oleh Cakue dan Icon, Rabu (3/8/2022). Mereka diterima perwakilan  Aqua melalui Bagian Logistik Edo dan Humas Azra. Menurut Edo, ia pun telah mempertanyakan kepada supplayer, distributor serta penyedia barang. 


“Saya sudah mempertanyakan lewat e-mail. Yang dikhawatiri, zat kimia yang dibongkar muat di rumah warga, mana tahu punya daya efek, yang bisa membahayakan masyarakat sekitar.  Ini mesti ada safety yang jelas, mana tahu ketika bongkar muat, zat tersebut jatuh dan pecah tentu akan membahayakan bagi warga sekitar,” ungkapnya.


Atas perihal tersebut media ini mencoba konfirmasi kepada Bagian Logistik Aqua Danone, Edo di lokasi kejadian. Edo pun terperanjat dan mengaku heran mengetahui zat kimia untuk pabrik di bongkar di rumah warga.  


“Ini berbeda, kok jauh melenceng seperti ini. Saya pun menjadi heran, mengapa dibongkar di luar, kenapa tidak langsung ke pabrik.” kata Edo heran.


Dia pun tidak mengahui atas perintah siapa membongkar zat kimia itu di rumah warga, sebab hal tersebut diakui telah menyalahi prosedur. (def)