6 Anggota ISIS Tewas Ditembak Pasukan Taliban di Afghanistan -->

Iklan Atas

6 Anggota ISIS Tewas Ditembak Pasukan Taliban di Afghanistan

Sabtu, 22 Oktober 2022

 

 

Pasukan Taliban saat berptaroli menjaga keamanan di Afghanistan.



KABUL - Pasukan Taliban menggelar operasi besar-besaran di Kabul, Afghanistan, Jumat (21/10/2022) malam. Operasi itu menyasar kelompok ISIS di negara tersebut.


Enam orang anggota ISIS tewas dibunuh oleh pasukan keamanan Taliban. ISIS dituding terlibat dan bertanggung jawab atas dua serangan besar dalam beberapa pekan terakhir, sebagaimana dikutip iNews.id.


Serangan besar itu terjadi di sebuah masjid kota, di sebuah lembaga bimbingan belajar di mana puluhan mahasiswi tewas. 


"Mereka (ISIS) adalah penyerang masjid Wazir Akbar Khan dan juga Institut Kaaj," ujar juru bicara pemerintah Taliban, Qari Yusuf Ahmadi.


Dalam operasi itu, seorang anggota pasukan keamanan Taliban juga tewas. Untuk diketahui ledakan di pusat pendidikan Kaaj Institute terjadi di bagian perempuan pada 30 September. Ada 53 orang tewas, kebanyakan mereka adalah remaja putri.


Sedangkan pada 23 September, sedikitnya tujuh orang tewas dan lebih dari 40 terluka dalam ledakan di dekat sebuah masjid di Wazir Akbar Khan. Wilayah itu pernah menjadi 'Zona Hijau' kedutaan besar dan pangkalan pasukan asing. 


Sejak Taliban mengambil alih pada 2021 lalu, mereka mengaku fokus untuk mengamankan negara itu setelah beberapa dekade perang. Namun keamanan di negara itu memburuk. Serangkaian ledakan telah mengguncang ibu kota dan daerah perkotaan lainnya dalam beberapa bulan terakhir.(*)