Ketua TP PKK Solsel Serahan Bantuan Insentif -->

Ketua TP PKK Solsel Serahan Bantuan Insentif

Selasa, 18 Oktober 2022

Ketua TPP PKK Nagari Pakan Rabaa Timur Ny Fitra Yenti Nasril, saat menyerahkan i sentif kepada salah seorang kader Yandu. Abg


Solsel, fajarsumbar.com - Anggota kader Yandu BKB dan BKR Nagari Pakan Rabaa Timur bisa lega, pasalnya pihak nagari akan membayarkan dana insentifnya. 


Penyerahan dana insentif kaum gender itu dilaksanakan diruang oertemuan balai balai adat Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan, (Sumbar), Selasa (18/10/2022).


Penyerahan bantuan insentif Yandu ini langsung diserahkan oleh Ketua PKK  Nagari Pakan Rabaa Timur Fitra Yenti diruang pertemuan Adat. 


Wali Nagari Pakan Rabaa Timur dalam arahnya mengatakan, Bantuan insentif para kader Yandu, BKB, BKR tahun 2022 ini diserahkan langsung ketangan para anggota Yandu. 


Kenapa tahun ini kami serahkan secara langsung bukan dijemput ke Bank, karena selama ini banyak informasi yang tidak sedap, terkait dengan penyaluran bantuan ini melalui Bank. 


Diakui informasi itu mengenai adanya pungutan dan pemotongan dana untuk transportasi petugas yang membantu mengambil ke Bank. dan itu kami luruskan pihak nagari tidak pernah memotong dan meminta transportasi. 


Makanya untuk penyaluran dana insentif untuk Yandu ini langsung kami serahkan ketangan penerima dan menghindari adanya rasa kecurigaan itu. 


Kader Yandu selain menerima dana insentif kader juga menerima bantuan lain berupa makan tambahan berupa kacangnpadi, telur, susu, intinya makanan bergizi dan perlu diketahui besaran dana insentifnyang disalurkan itu berjumlah Rp 100 ribu per orang per bulan lima orang per jorong


Wali nagari mengatakan, untuk tahun 2022 ini jumlah kader Yandu yang akan menerima insentif sebanyak 59 orang termasuk Bina Keluarga Balita (BKB) , Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Yandu, jumlah ini kami ambil masing masing jorong mengirimkan anggotanya sebanyak lima kader Yandu. 


Untuk tahun 2023 bagi kader yandu yang tidak cukup lima per jorong yandunya akan digabungkan dengan jorong terdekat. 


Dasarnya adalah satu Yandu itu ada anggota lima orang, karena kami pihak nagari sudah mendapat teguran dari pihak kabupaten. 


Nagari Pakan Rabaa Timur ini sudah memiliki Data aplikasi Simsalabim, dimana semua data data warga sudah ada terimput dalam data tersebut.


Warga tidak bisa lagi mengatakan tidak ada dalam data, atau warga tidak bisa lagi mengatskan tidak ada menerima. bantuan ini dan itu, karena semua sudah ada dalam data aplikasi Simsalahim itu. Abg