Mayat ASN Nias Utara yang Ditemukan di Semak-semak Korban Pembunuhan, Pelaku di Bawah Umur -->

Mayat ASN Nias Utara yang Ditemukan di Semak-semak Korban Pembunuhan, Pelaku di Bawah Umur

Sabtu, 29 Oktober 2022

Mayat ASN Nias Utara yang ditemukan di semak-semak di kawasan Nias Selatan ternyata korban pembunuhan. Polisi merilis terduga pelaku yang masih di bawah umur.



NIAS SELATAN - Misteri mayat misterius dalam kondisi membusuk di semak-semak Desa Lagundri, Kecamatan Lauhagundre Mainanolo, Kabupaten Nias Selatan, pada Jumat (21/10/2022) lalu terungkap. Jasad itu diketahui merupakan ASN asal Nias Utara yang diduga menjadi korban pembunuhan.


Terduga pelaku berinisial D (16), warga Desa Dekha, Kecamatan Mau, Kabupaten Nias, telah ditangkap oleh aparat Polres Nias Selatan. Dia berstatus di bawah umur, sebagaimana dikutip iNews.id.


Kapolres Nias Selatan AKBP Reinhard H Nainggolan menjelaskan, terduga pelaku pembunuhan diduga sebanyak tiga orang yang seluruhnya berstatus di bawah umur. Pihaknya pun masih melakukan pengejaran terhadap dua orang lain berinisial B dan H yang masih dalam pelarian.


"Kita berhasil mengamankan tersangka berinisial D," kata Reinhard, Sabtu (29/10/2022).


Menurut Reinhard, D sempat melarikan diri dan berhasil ditangkap di Pekanbaru. Keberadaan tersangka berhasil terungkap saat hendak bersembunyi di rumah saudaranya.


Berdasarkan keterangan tersangka, kata Reinhard, tersangka bersama dua DPO lain melakukan pembunuhan secara spontan tanpa direncanakan sebelumnya.


"Motif masih terus kita dalami, belum bisa kami buka sekarang karena masih terlalu dini," ucapnya.


Sebelumnya, penemuan mayat misterius dalam kondisi membusuk di semak-semak Desa Lagundri, Kecamatan Luahagundre Mainanolo, Kabupaten Nias Selatan akhirnya terungkap. Hasil pemeriksaan, hampir dapat dipastikan identitas mayat tersebut yakni ASN asal Nias Utara yang sempat dikabarkan hilang beberapa hari lalu. 


"Iya kami sudah konfirmasi ciri-cirinya kepada keluarga dan dipastikan ada kesamaan," ujar Kasat Reskrim Polres Nias AKP Iskandar Ginting, Jumat (21/10/2022) malam. 


Dia mengatakan, saat ini pihaknya bersama dengan keluarga ASN Nias Utara yang sempat dikabarkan hilang sedang dalam perjalanan ke Nias Selatan. 


"Ini saya dengan keluarga korban menuju Nias Selatan," kata mantan Kasat Reskrim Polres Nias Selatan tersebut.


Menurutnya, beberapa ciri-ciri dari mayat yang ditemukan di Nias Selatan memiliki kesamaan sesuai dengan pengakuan keluarga korban.


"Ciri-cirinya sama, keluarga meyakini itu dia (korban)," ucapnya.


Hal ini diketahui, saat mobil yang dikendarainya jenis Toyota Avanza warna hitam dengan nomor pelat B 1383 TRG terparkir di jalan umum tepatnya di Lokasi tanjakan Desa Saiwahili, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias.


Seperti diberitakan, mayat misterius ditemukan semak-semak Desa Lagundri. Kondisi bagian kepala sudah menjadi tengkorak dan membusuk. Mayat ini ditemukan warga di pinggir jalan sekitar kurang lebih 4 meter dari TKP.


Sebagai informasi, korban ASN di Pemkab Nias Utara warga Jalan Golkar Pondok Baru, Desa Iraonogeba, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli hilang sejak Sabtu (15/10/2022).(*)