Ratusan Pebalap Sepeda Sumbar Meriahkan HUT Kota Payakumbuh Ke-52 -->

Ratusan Pebalap Sepeda Sumbar Meriahkan HUT Kota Payakumbuh Ke-52

Sabtu, 10 Desember 2022
Saling berpacu


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Ratusan biker dari berbagai daerah di Sumatera Barat (Sumbar) dan luar Sumbar ramaikan even balap sepeda Batapa Criterium 2022 yang digelar oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Payakumbuh di Taman Batang Agam, Sabtu (10/12) pagi.


Kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Payakumbuh yang ke-52 itu, dilepas oleh Plt. Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Dafrul Pasi.


"Terimakasih kepada panitia yang telah mengangkat Even yang sangat monumental untuk kota Payakumbuh dalam rangka HUT Kota Payakumbuh yang ke 52," kata Plt. Sekda Dafrul Pasi.


"Selamat bertanding kepada seluruh peserta, nikmatilah alam Payakumbuh yang sejuk dan asri ini," lanjutnya.


Dia menyebut, dalam rangka memeriahkan HUT Kota Payakumbuh, akan melaksanakan beberapa even yang telah dimulai sejak tanggal 2 Desember hingga 18 Desember 2022 mendatang.


"Kita telah mulai dari kejuaraan tenis lapangan, balap speda hari ini, besok ada funbike dan MTB menikmati keindahan alam Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Kemudian dilanjutkan dengan Bagodang, Payakumbuh fair, perayaan puncak HUT Kota Payakumbuh dan nonton bareng final piala dunia dirangkai dengan penutupan Liga Payakumbuh 2022," terangnya.


"Untuk kegiatan Bagodang sudah tercatat dalam iven pariwisata Sumbar," tambahnya.


Dia berharap, iven seperti ini akan melahirkan atlit-atlit balap sepeda baru Kota Payakumbuh. Dan iven ini bisa mejadi semangat baru untuk atlit sepeda Payakumbuh untuk mempersiapkan diri menghadapi Porprov 2023 nanti.


"Kepada goweser yang mengikuti iven ini, jangan langsung pulang, nikmati dulu wisata alam kota payakumbuh dan wisata kulinernya karena kuliner disini sangat lamak bana," ajak Dafrul.


Sementara itu ketua ISSI Kota Payakumbuh Yoserizal didampingi Sekretaris Panitia Nofian Yunaz mengatakan, Batapa Criterium 2022 ini merupakan balap sepeda dalam lingkungan wisata batang agam kota Payakumbuh.


"Diharapkan dengan iven ini akan dapat melahirkan atlet-atlet balap sepeda berprestasi dimasa mendatang, disamping berdampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat kota payakumbuh," ucapnya.


Lebih lanjut dijelaskan Novian Batapa Criterium 2022 memperebutkan total hadiah 15juta rupiah. Yang akan diperebut dalam 6 kategori lomba. Dimana 1 lapnya akan menempuh jarak 3,2 km atau mengitari taman Batang Agam.


"Kita memperlombakan Women Open, Men Open, Men 15-18 tahun, Men 30-39, Men 40-49 tahun dan Men Up 50 tahun," terangnya.


Salah seorang peserta Lina dari WOW pekan baru sangat terkesan dengan iven yang dilaksanakan di Kota Payakumbuh. Selain berolahraga suasananya nyaman dan sejuk.


"Acaranya asik dan rame. Mudah-mudahan tahun depan semakin rame lagi. Dan kami berharap WOW Pekanbaru bisa memborong hadia di semua kategori," pungkasnya. (ul)