Laka Lantas Selama Tahun 2022 di Tanah Datar 23 Orang Meninggal Dunia -->

Iklan Atas

Laka Lantas Selama Tahun 2022 di Tanah Datar 23 Orang Meninggal Dunia

Kamis, 05 Januari 2023

Kasat Lantas Polres Tanah Datar AKP Julisman


Tanahdatar, fajarsumbar.com - Data kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) di wilayah hukum Polres Tanah Datar selama tahun 2022, yang mengakibatkan korban meninggal dunia sebanyak 23 orang tewas. Human Error atau kelalaian menjadi penyebab utama banyaknya kejadian laka lantas itu.


Hal itu disampaikan Kasat Lantas Polres Tanah Datar AKP Julisman, SH. MH, dari data Satlantas Polres Tanah Datar, terjadi 125 kasus laka lantas di wilayah hukum Polres Tanah Datar. Dari jumlah kasus itu 23 orang meninggal dunia, 2 orang mengalami luka berat, dan 165 orang lainnya luka ringan. 


"Kasus laka lantas didominasi oleh kendaraan roda dua, dimana faktor manusia atau kelalaian saat berkendara menjadi penyebab utama," ujar AKP Julisman, Kamis (5/1/23).


Kssat Lantas tambahkan, adapun korban laka lantas didominasi usia produktif, mulai 16 hingga 25 tahun. Mereka korban laka lantas masih usia muda, dan itu ada juga yang meninggal di jalan raya. 


"Untuk mengantisipasi agar kejadian kecelakaan lebih minim kedepan, pihaknya akan melakukan berbagai upaya untuk menekan angka kecelakaan," harapnya. 


Beberapa langkah antisipasi yang akan dilakukan sebut AKP Julisman, diantaranya bakal melakukan penyuluhan ke sekolah maupun masyarakat pada umumnya.


"Kemudian juga akan meningkatkan patroli, untuk mencegah terjadinya balap liar. Termasuk memasang spanduk/baliho maupun sosialisasi melalui media, tentang tertib berlalulintas," sampainya.


Dan yang lebih utama kata Kasat Lantas, perhatian orang tua terhadap kepedulian keselamatan terhadap anak, terutama yang berada dibawah umur.


"Kita mengajak orang tua untuk bersama menjaga anaknya, supaya tidak membawa kendaraan apabila masih di bawah umur," imbau AKP Julisman. (*eym/F12)