17 PKD Di Kecamatan Pariaman Utara Dilantik Ketua Panwascam, Ini Harapanya -->

Iklan Atas

17 PKD Di Kecamatan Pariaman Utara Dilantik Ketua Panwascam, Ini Harapanya

Senin, 06 Februari 2023


Ketua Panwascam Pariaman Utara, Randika saat memasangkan Id card kepada PKD yang baru saja dilantik di Aula Dinas Kesehatan Kota Pariaman. Senin, 6/02/2023. Humas




Kota Pariaman- 17 Anggota  Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Kecamatan  Pariaman Utara dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Panwascam, Randika di Aula Dinas Kesehatan Kota Pariaman. Senin (6/02/2023).



Ia menyebutkan, proses demi proses telah dilalui. Sejak seleksi administrasi hingga pada kelulusan hasil wawancara dilakukan hingga pada acara puncak yakni pelantikan bagi 17 PKD pada hari ini. 


Ketua Panwascam Pariaman Utara, Randika menerangkan, bahwa sebelumnya ada 66 peserta yang ikut mendaftar untuk manjadi bagian dari penyelenggara pemilu  tahun 2024 mendatang di tingkat Desa. 


Diantaranya, 1 orang  tidak lulus administrasi, 8 Orang tidak ikut tes wawancara. Dari  57 orang yang mengikuti tes wawancara, tujuh belas orang yang lulus sebagai pengawas kelurahan dan desa (PKD) untuk wilayah Kecamatan Pariaman Utara. 
 

Randika berharap, kepada 17 PKD yang baru saja dilantik agar bisa mengawasi seluruh tahapan pemilu di setiap desa, sesuai wilayah kerja masing-masing. Serta mengawasi netralitas ASN dan  melaporkan setiap tahapan demi tahapan. 


Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu kota Pariaman Ulil Amri menegaskan, kepada PKD yang dilantik hari ini merupakan orang-orang pilihan.

Ia menyebutkan, walaupun tidak melalui seleksi tertulis, tetapi soal wawancara dibuat Bawaslu Kota Pariaman dengan standar yang telah ditentukan.

"Kami berharap Panwas Kelurahan dan Desa yang terpilih cepat beradaptasi, mau belajar dan proaktif dalam berkoordinasi dan berkonsultasi," ujar Ulil Amri

Ia menerangkan, agar PKD yang baru saja dilantik bisa melakukan tugas pertamanya dengan baik yakni mengawasi proses verifikasi faktual pendukung calon perseorangan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada besok, Selasa ( 07/02/2023)



"Kita berharap mereka melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku serta mereka bisa meningkatkan pengawasan, pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran terhadap undang-undang yang berlaku," Harapnya Ulil (Heri