2 Jet Tempur F-35 Belanda Cegat 3 Pesawat Tempur Rusia dekat Polandia -->

Iklan Atas

2 Jet Tempur F-35 Belanda Cegat 3 Pesawat Tempur Rusia dekat Polandia

Rabu, 15 Februari 2023

Seorang tentara Belanda berjaga-jaga saat jet tempur F-35 Angkatan Udara Kerajaan Belanda lepas landas di pangkalan udara Graf Ignatievo, Bulgaria, 14 April 2022.



AMSTERDAM  – Dua jet tempur F-35 Belanda mencegat formasi tiga pesawat militer Rusia di dekat Polandia dan mengarak mereka keluar. Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Belanda dalam sebuah pernyataan, Senin (13/2/2023) malam waktu setempat.


“Pesawat tak dikenal itu mendekati area tanggung jawab NATO di Polandia dari Kaliningrad,” demikian pernyataan Kemhan Belanda, dikutip kembali Reuters, Selasa (14/2/2023).sebagaimana dikutip iNews.id.


Kaliningrad adalah eksklave Rusia yang berada di kawasan pantai Baltik. Daerah itu terletak di antara dua negara anggota NATO dan Uni Eropa, yakni Polandia dan Lituania.


“Setelah diidentifikasi, ternyata ada tiga pesawat: IL-20M Coot-A Rusia yang dikawal oleh dua Su-27 Flanker. F-35 Belanda mengawal formasi dari jarak jauh dan menyerahkan pengawalan tersebut kepada para mitra NATO,” kata Kemhan Belanda.


Il-20M Coot-A adalah nama versi NATO untuk pesawat pengintai Rusia Ilyushin Il-20M. Sementara Su-27 Flanker adalah nama versi NATO untuk pesawat tempur Sukhoi Su-27 Rusia.


Sampai berita ini ditulis, Kemhan Rusia belum menanggapi permintaan komentar dari Reuters.


Kemhan Belanda menyatakan, delapan jet tempur F-35 milik negeri kincir angin telah ditempatkan di Polandia untuk periode Februari dan Maret.(*)