Riset WCU UNP Jalin Kerja Sama dengan BMKG dan Kyoto University -->

Iklan Atas

Riset WCU UNP Jalin Kerja Sama dengan BMKG dan Kyoto University

Minggu, 19 Februari 2023
.

Jepang, fajarsumbar.com - Tim Riset yang berjudul Ground Motion Attenuation Equation ini berupaya untuk menghasilkan persamaan rumus untuk memprediksi kekuatan gempa dimanapun di Indonesia. 

Saat dihubungi oleh Humas UNP, Ketua Tim Riset Prof. Rusnardi Rahmat Putra, S.T., M.T., Ph.D.Eng. menjelaskan bahwa hingga saat ini Indonesia belum memiliki persamaan rumus tersebut. Oleh karena itu, riset ini menjadi sangat penting mengingat Indonesia memiliki resiko potensi gempa yang cukup besar. 

“Penelitian ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan membutuhkan data-data dari BMKG. Rencananya, di akhir bulan Februari ini BMKG akan mengirimkan staf ke UNP untuk bersama-sama menganalisis data yang ada”, papar Prof. Rusnardi. 

Selanjutnya, Prof. Rusnardi bersama tim juga tengah diminta oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk menyusun Peta Kajian Resiko Bencana untuk Kabupaten Pasaman Barat. 

Menurutnya, ini adalah salah satu prestasi UNP di dunia sains, karena selama ini UNP belum pernah diminta untuk menyiapkan dokumen-dokumen kebencanaan. 

Dengan adanya permintaan tersebut, hal ini menunjukkan bahwa UNP dinilai telah memiliki expertise kebencanaan yang lengkap, baik mengenai banjir, likuefaksi, gempa, tsunami dan lain-lain. 

Selain Tim Riset yang dipimpin oleh Prof. Rusnardi juga saat ini diminta untuk menganalisis kejadian gempa Cianjur. Ia berharap semoga berbagai kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi untuk dunia riset dan untuk UNP. (*)