Dispangtan Bersama Ketua DPRD Panen Perdana Budidaya Lele di Koto Katik -->

Iklan Atas

Dispangtan Bersama Ketua DPRD Panen Perdana Budidaya Lele di Koto Katik

Kamis, 16 Februari 2023

 

Usaha beternak ikan lele Kelompok Guguk Pinus, Koto Katik, Padang Panjang saat penen.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Kelompok Pembudidayaan Ikan Guguk Pinus, Kelurahan Koto Katik, Kecamatan Padang Panjang Timur melakukan panen ikan lele, Rabu (15/2). Panen perdana ini turut dihadiri Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md bersama Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Ade Nafrita Anas, M.P.


Panen di demplot lele ini, kata Ade, adalah salah satu pembinaan kelompok perikanan untuk memperbaiki kualitas bibit dan indukan. Kegiatan ini merupakan salah satu pokir dari ketua DPRD dengan sumber dananya APBD 2022.


"Tujuan demplot ini adalah untuk melaksanakan teknologi budidaya dalam rangka peningkatan produksi. Di mana pelaksana demplot adalah Kelompok Guguk Pinus. Semoga ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat kita dan tentunya berlanjut ke depannya," harap Ade.


Senada dengan itu, Mardiansyah menyebut, usaha budidaya ini ditujukan salah satu bentuk peningkatan ekonomi masyarakat khususnya pelaku peternak ikan.


"Saya terus melihat perkembangan sejauh mana pelaku peternak ikan lele ini dapat mengembangkannya," katanya.


Dikatakan, bantuan ini diberikan kepada kelompok peternak ikan lele ada yang berupa bibit maupun induk. Dengan dilakukannya panen, peternak dapat meningkatkan pendapatannya dalam bentuk usaha kelompok yang telah diberikan bantuan.


"Mudah-mudahan, tahun depan Pemprov Sumbar dapat pula memberikan bantuan bagi kelompok peternak ikan yang sudah terbukti mampu melaksanakan program yang telah diberikan oleh pemerintah daerah," timpal Firman Hamid R., dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar.


Bantuan yang diberikan kepada kelompok peternak ikan ini sebelumnya sudah dilakukan survei terhadap kelayakan lokasi yang akan ditempatkan sebagai tempat peternak membudidayakan ikan.


“Sebelumnya sudah kita lakukan beberapa kali kunjungan ke lapangan terhadap permintaan kelompok peternak ikan. Alhamdulillah hari ini sudah panen perdana," tambah Ade. (syam)