Sekdako Padang Sandang Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan -->

Iklan Atas

Sekdako Padang Sandang Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan

Kamis, 16 Februari 2023
.


Padang - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar, akhirnya resmi menyandang gelar Doktor Ilmu Pemerintahan. Gelar S3 bagi pria bernama lengkap Sutan Andree Harmadi Algamar, S.STP., M.Si., M.Han Datuk Sangguno Dirajo itu pun, didapat setelah berhasil menjalani Sidang Promosi Doktor Ilmu Pemerintahan Program Pasca Sarjana Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Ruang Kampus IPDN Program Pasca Sarjana Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2023).


Sebagaimana diketahui, disertasi yang mampu mengantarkan Sekda Kota Padang menyandang gelar Doktor tersebut yaitunya berjudul "Strategi Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Kota Padang Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat". 


Setelah proses tanya jawab bersama tim penguji selesai, pengumuman hasil ujian (yudisium) disertasi penyerahan surat keterangan lulus ujian Doktornya pun diserahkan langsung oleh Rektor IPDN.


Sewaktu ditemui wartawan, Sekda Andree Algamar mengaku bahwa pencapaian gelar Doktor ini merupakan rahmat dari Allah SWT.


Menurutnya, pencapaian ini memang tidak mudah baginya dikarenakan harus mengatur waktu, disamping sebagai mahasiswa S3 sekaligus menjadi pejabat publik di Pemerintah Kota Padang. 


"Alhamdulillah pencapaian ini adalah anugerah dari Allah SWT serta doa dan dukungan dari keluarga, sahabat, senior-senior dan semua unsur yang memberikan dukungan bagi saya selama ini. Terutama sekali atas dorongan dan arahan dari bapak Wali Kota Padang Hendri Septa," ungkapnya.


"Sekali lagi terima kasih untuk semuanya. Semoga berkah dan ilmu yang saya dapat bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk kebaikan dan kemajuan Kota Padang khususnya," sambung Andree Algamar bersemangat dan terlihat haru di wajahnya. 


Selanjutnya, suami dari Ny. Vanny Andree Algamar itu pun juga mengaku bersyukur seiring ujian disertasinya yang mampu berjalan dengan lancar.


"Ini tak terlepas berkat doa dan dukungan keluarga terutama para mentor dan sahabat saya yang sengaja hadir langsung pada kesempatan ini," tukuknya. 


Lebih jauh menurut dia, menimba ilmu pengetahuan memang tidak memandang waktu dan usia. Begitu pula dalam meningkatkan kompetensi diri yang tak kalah penting bagi seorang abdi negara dan pelayan masyarakat.


“Kita harus terus belajar dan meningkatkan pengetahuan dalam rangka meningkatkan kualitas diri dan mampu menularkan ilmu yang dimiliki kepada orang lain," ujarnya.

Pada kesempatan itu Wali Kota Padang Hendri Septa juga turut menyampaikan selamat atas kesuksesan Sekda Kota Padang tersebut.


"Semoga keberhasilan beliau dalam pendidikannya menjadi motivasi kepada kita semua untuk selalu membuat pembaharuan kebaikan. Sukses selalu pak Sekda, semoga menjadi contoh bagi kita dan generasi muda," ungkap Wako Hendri Septa sembari menyalami erat tangan Sekda Andree saat itu.


Seperti diketahui, gelar Doktor Ilmu Pemerintahan ini berhasil disandang Andree Algamar setelah melalui perjuangan yang panjang sebagai seorang alumni IPDN lulusan tahun 2004.

Karirnya di Pemko Padang pun dimulainya dari berposisi sebagai ajudan Wali Kota Padang hingga seiring berjalan waktu dipercaya menjabat posisi Lurah. Di jabatan itulah ia mulai menorehkan sejumlah prestasi yang membanggakan diantaranya penghargaan Lurah Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2010. 


Prestasi selanjutnya yang mampu diraihnya adalah menerima Satya Lencana Karya Satya Pengabdian ASN masa bakti 10 dan 20 Tahun dari Presiden Republik Indonesia, Anugrah Aditya Karya Mahatva Yodha sebagai Pembina Karang Taruna Terbaik, dan Penerima Lencana Emas Sebagai Tokoh Pemuda Terbaik  dari Pemerintah Kota Padang.


Dalam momen berharga bagi Sekda Kota Padang tersebut, selain dihadiri Wali Kota Padang Hendri Septa dan sejumlah kepala OPD di lingkup Pemko Padang, juga terlihat Fauzi Bahar selaku mantan Wali Kota Padang periode 2004-2014 dan Irwan Prayitno mantan Gubernur Sumbar periode 2010-2021.(*)