49 Santri Pondok Tahfidz Darul Huffaz Wisuda Tahfidzul Qur'an, Bupati Hamsuardi: Tetap Tekun Menghafal Al-Qur'an -->

Iklan Atas

49 Santri Pondok Tahfidz Darul Huffaz Wisuda Tahfidzul Qur'an, Bupati Hamsuardi: Tetap Tekun Menghafal Al-Qur'an

Sabtu, 04 Maret 2023
Bupati saat Hadiri Wisuda Tahfidzul Qur'an angkatan ke-3, Pondok Tahfidz Darul Huffaz 


Pasbar, fajarsumbar.com- Program Pemerintah Daerah (Pemda) Pasaman Barat (Pasbar), selalu disampaikan pada setiap kegiatan yang saya hadiri terutama program Tahfidz Al-Qur'an. Sekitar satu tahun program ini berjalan, alhamdulillah banyak perkembangan. Kita berharap, anak-anak kita ini tetap tekun dalam menghafal Al-Qur'an. 


Hal tersebut disampaikan Bupati Pasbar Hamsuardi didampingi Asisten 1 Setia Bakti, Camat Gunung Tuleh M. Ghor, Wali Nagari Nizwan Adil, jorong dan stakeholder terkait lainnya saat menghadiri Wisuda Tahfidzul Qur'an angkatan ke-3, Pondok Tahfidz Darul Huffaz se-Nagari Bahoras, Kecamatan Gunung Tuleh, Sabtu (4/3). 


Bupati Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada ustadz ustadzah dan para orangtua, yang telah kompak mendidik dan membina santri sehingga mampu menghafal Al-Qur'an dari 1 hingga 7 juz. Pemda Pasbar mendukung penuh sinergi yang terjalin, sehingga apa yang menjadi impian yakni menjadikan generasi yang Qur'ani dapat tercapai. 


"Alhamdulillah hari ini dapat kita saksikan bersama, ada yang 1 juz bahkan ada yang 7 juz, berkat doa kita semua, kemauan anak dan guru serta dukungan dari para orang tua. Tanpa kekompakan yang terjalin dengan baik, mustahil kegiatan ini dapat terlaksana," ujarnya. 


Program Tahfidz Al-Qur'an lanjutnya, yang telah diterapkan di tingkat SD dan SMP adalah dengan menargetkan anak didik menghafal 4 hingga 5 ayat setiap minggunya. Pada hari Rabu dan Sabtu jam 11.00, para siswa harus menyetor hafalan ayatnya tanpa adanya paksaan dari guru. Dengan demikian, anak akan terbiasa membaca Al-Qur'an selepas magrib menjelang isya. 


"Target kita, 15 tahun kedepan 30 persen warga Pasbar hafal Al-Qur'an. Ini sebagai upaya kita agar generasi muda lebih baik, dan tidak melakukan hal-hal negatif seperti pergaulan bebas, mencuri, berjudi dan lain sebagainya. Jika 1 saja hafiz Al-Qur'an, maka 10 orang akan masuk surga. Mari membentengi keluarga dan mendekatkan diri kepada Allah SWT," tangkas Hamsuardi. 


Diakhir acara, dilakukan penyerahan piala dan piagam penghargaan bagi santri dan wisudawan terbaik. Bupati Hamsuardi juga berjanji akan memberikan satu set seragam santri Pondok Tahfidz Darul Huffaz yang diwisuda Tahfidzul Qur'an pada hari itu. (Jd)