Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Kian Menipis -->

Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Kian Menipis

Sabtu, 04 Maret 2023
.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Ketersedian pupuk bersubsidi bagi petani Padang Panjang kian menipis. 


Kepala Dinas pangan dan Pertanian (Dispangtan), Ade Nafrita Anas didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Fitriadi M, S.Pt,  Jumat (3/3) menjelaskan, untuk kondisi terkini, katanya, alokasi pupuk subsidi melalui Pemprov Sumbar belum memenuhi kebutuhan petani. 


Untuk NPK masih 42% sedangkan untuk Urea sudah 100%.  "Kami saat ini masih terus mengusahakan pupuk bersubsidi ini bisa dialokasikan 100%,” kata Ade.


Di Padang Panjang terdapat dua kios pengecer untuk pupuk subsidi. Mitra Usaha Tani di Kelurahan Sigando dan Jaya Tani Agro di Kelurahan Ganting. Keduanya masuk wilayah Kecamatan Padang Panjang Timur namun melayani petani yang berhak menerima pupuk subsidi se-Kota Padang Panjang.


Pupuk subsidi ada dua jenis, Urea dan NPK. Untuk ketersediaannya di Mitra Usaha Tani, Urea ada satu ton dan NPK satu ton. Sedangkan di Jaya Tani Agro ketersediaan Urea  50 kg dan NPK 20 kg.


“Untuk sekarang kita ada dua kios yang memiliki stok pupuk subsidi. Dalam waktu dekat kita akan kembali stok pupuk subsidi jenis Urea. Sedangkan untuk NPK masih menunggu informasi dari distributor,” jelas Ade.


Saat ini harga pupuk subsidi, jenis pupuk Urea Rp.2.250/kg dan NPK Rp2.300/kg. (syam)