Bupati Sambut Rombongan YPTP Unes Padang, Sesudah Shalat Tarawih -->

Iklan Atas

Bupati Sambut Rombongan YPTP Unes Padang, Sesudah Shalat Tarawih

Jumat, 07 April 2023

Bupati Eka Putra terima kunjungan Ketua YPTP Unes Padang beserta rombongan

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Usai melaksanakan ibadah shalat Tarawih, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, sambut kedatangan Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP) Universitas Ekasakti (UNES) beserta rombongan, di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Kamis (06/04) malam.


Rombongan yang dipimpin Ketua Yayasan Dr. Andi Syahrun Makkuradee itu, menemui Bupati Eka Putra terkait rencana Kuliah Kerja Nyata Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) UNES tahun 2023, yang akan tersebar di 9 kabupaten dan kota di Sumatera Barat, termasuk salah satunya di Kabupaten Tanah Datar.


Bupati katakan, lebih kurang 400 mahasiswa UNES dari berbagai disiplin ilmu di 6 Fakultas, bakal melaksanakan KKN-PPM di Tanah Datar dan itu akan ditempatkan di 20 Nagari di Tanah Datar.


“Tanah Datar sebagai daerah pertanian dan juga punya Program Unggulan Bajak Gratis kita akan perkenalkan pada mereka nanti disamping progul lain seperti satu nagari satu event, satu rumah satu hafizh/hafizah, kuota pupuk bersubsidi, perbaikan jaringan irigasi, program makan rendang dan progul lain dalam upaya mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.


Bupati juga sampaikan ucapan terima kasih pada YPTP-UNES Padang, yang telah memilih Kabupaten Tanah Datar sebagai salah satu lokasi KKN. Dan Ia berharap, nanti bagi mahasiswa yang ber KKN perbanyak ilmu yang didapat di lapangan dan juga dapat berbagi ilmu yang diperoleh dibangku kuliah kepada masyarakat, dimana tempat KKN dilaksanakan.


Sementara itu, Ketua Yayasan Dr. Andi Syahrun Makkuradee mengatakan, rencana KKN mahasiswa UNES dari 6 fakultas ini seperti Fakultas Pertanian, Teknik, Ekonomi, Hukum dan Sastra. Dan ini bertujuan karena salah satu nagari binaan kita di Tanah Datar, pernah menjadi icon untuk Universitas Eka Sakti dan juga sebagai lokasi penelitian bagi dosen, terkait bidang pertanian dan bidang lainnya.


"KKN UNES 2023 ini kita mengangkat tema, dengan KKN PPM UNES tahun 2023 kita tingkatkan kesiapan mental kewirausahaan, dalam rangka meningkatkan ekonomi rumah tangga, menuju lingkungan masyarakat mandiri, sehat dan sejahtera, menilik dari tema ini rasanya Tanah Datar cocok dijadikan sebagai lokasi KKN mahasiswa kita," ucapnya.


Selain itu kata Andi Syahrun, UNES dengan Pemkab Tanah Datar sebelumnya juga telah melakukan kerjasama, yang diperkuat dengan nota kesepakatan, terkait pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan kompetensi.


Andi menyebutkan, latar belakang Nota Kesepakatan itu, untuk mensinergikan program dan kegiatan UNES dengan program dan kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar dibidang pendidikan. (F12)