Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D: Perbedaan Idul Fitri Semoga Jadi Alat Pemersatu Umat -->

Iklan Atas

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D: Perbedaan Idul Fitri Semoga Jadi Alat Pemersatu Umat

Minggu, 23 April 2023

 

.

Padang, FajarSumbar Com - Sebagian sivitas akademika Universitas Negeri Padang ada yang melaksanakan hari raya Idul Fitri pada hari ini dan sebagian sivitas akademika Universitas Negeri Padang ada yang melakukan hari raya Idul Fitri pada besok hari Sabtu.

Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik pada Jumat (21/4) pagi ini yang dilaksanakan di Masjid Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar Padang. Kegiatan Subuh Mubarak ini juga dilaksanakan secara virtual yang diikuti oleh pimpinan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan perbedaan penetapan hari raya juga berkaitan perbedaan metode penetapan dan perbedaan ini juga diharapkan dapat menjadi alat pemersatu di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Prof. Ganefri, Ph.D.menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan Dr. Ahmad Kosasih, M.Ag.sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubarak Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan secara luring dan daring.
Dalam ceramahnya, Ustaz Dr. Ahmad Kosasih, M.Ag.menyampaikan bahwa terjadi perbedaan penetapan satu Syawal pada tahun 2023 adalah karena adanya perbedaan metode penetapan dan perbedaan penafsiran dari dalil yang sama.

"Perbedaan penetapan satu Syawal tahun 2023 ini perlu disikapi dengan saling menghormati, toleransi, dan saling menghargai dengan menjaga kerukunan dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelas Ustaz Dr. Ahmad Kosasih, M.Ag.

Lebih lanjut Ustaz Dr. Ahmad Kosasih, M.Ag. menyampaikan bahwa dosa adalah sesuatu yang abstrak, tetapi diyakini sebagai akibat atau efek dari sikap dan perbuatan manusia dalam kehidupan di bumi ini.

"Nabi Adam dan beberapa Nabi lainnya pernah berdosa namun ditunjukkan oleh Allah bagaimana cara bertobat kepada Allah," tukuk Ustaz Dr. Ahmad Kosasih, M.Ag.

Pada kesempatan itu Ustaz Dr. Ahmad Kosasih, M.Ag. juga menjelaskan bahwa di dalam Alquran ada tiga istilah yang berkaitan dengan dosa dengan maksud sebagai dosa yang tidak disengaja dan dosa yang disengaja

Kita jangan putus asa dari ampunan Allah dan karena itu selalulah kita memohon ampunan dari Allah dengan cara bertobat kepada Allah," tambah Ustaz Dr. Ahmad Kosasih, M.Ag. (*)