SEA Games, Timnas Indonesia Pesta Gol pada Injury Times -->

Iklan Atas

SEA Games, Timnas Indonesia Pesta Gol pada Injury Times

Sabtu, 29 April 2023

Marselino Ferdinan (kiri) lakukan selebrasi usai bobol gawang Filipina U22. 


Jakarta - Timnas Indonesia U-22 menang 3-0 atas Timnas Filipina U-22 pada laga perdana Grup A SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023).


Gol Indonesia dicetak oleh Marselino Ferdinan di menit ke-45, Irfan Jauhari pada menit ke-89, dan Muhammad Fajar Fathurrahman di menit ke-90.


Sejak awal babak pertama, pemain Timnas U-22 sudah berusaha lakukan tekanan dengan serangan bertubi-tubi. Pasalnya, skuad Garuda Nusantara ingin menyiptakan gol cepat, supaya bisa memenangi pertandingan.


Namun, pertahanan Filipina masih baik, sehingga Indonesia kesulitan membobol gawang tim lawan.


Dikutip wartakotalive.com, pada babak pertama, pemain Merah Putih juga sepertinya masih bermain hati-hati, sehingga Witan Sulaeman dan kawan-kawan masih membaca permainan Filipina.


Adaptasi yang dilakukan membuat pemain Merah Putih kesulitan membongkar pertahanan Filipina, meski berhasil mendapatkan sejumlah peluang.


Sementara, Filipina tidak tinggal diam dengan lakukan serangan balik untuk merobek gawang Indonesia, namun mereka masih kesulitan.


Alih-alih cetak gol, justru Indonesia yang beruntung membobol gawang Filipina.


Adalah Marselino Ferdinan yang berhasil merobek gawang Filipina yang dijaga oleh Kammeraad Quincy di menit ke-45.


Marselino robek gawang Filipina usai memaksimalkan umpan dari Rio Fahmi dan skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan sementara Indonesia.


Di babak kedua, pemain Indonesia semakin percaya dan sudah bisa beradaptasi, sehingga mampu mendominasi permainan.


Tim asuhan Indra Sjafri itu terus menekan dengan serangan bombardir hingga menit ke-58, namun pemain Indonesia belum mampu memecah kekokohan lini pertahanan Filipina. Sebenarnya, Indonesia nyaris menggandakan kedudukan setelah mendapat tendangan penalti.


Tendangan penalti didapat setelah pemain Filipina, Rublico Santiago Colminas, melanggar Witan Sulaeman di kotak penalti pada menit ke-59. Sayangnya, Rizky Ridho yang jadi algojo, gagal mengeksekusi tendangan penalti.


Bola sepakan Rizky Ridho mampu ditepis oleh kiper Filipina, Kammeraad Quincy. sehingga skor belum berubah tetap 1-0 untuk keunggulan sementara Indonesia.


Setelah berusaha dengan keras, akhirnya Indonesia berhasil menggandakan skor lewat Irfan Jauhari lewat tendangan terukur dari pada menit ke-89. Satu menit kemudian, giliran Muhammad Fajar Fathurrahman yang merobek gawang Filipina lewat tendangan first time.


Dengan demikian, Indonesia mampu melibas FIlipina dengan skor besar, yaitu 3-0. (*)