Harkitnas Jadi Momen Kebangkitan Dunia Pendidikan Solok Selatan -->

Iklan Atas

Harkitnas Jadi Momen Kebangkitan Dunia Pendidikan Solok Selatan

Senin, 22 Mei 2023
Ahli waris Almh Yuningsih saat menerima klaim BPJS Ketenagakerjaan diserahkan langsung oleh Bupati Solok Selatan Khairunas.


Solsel, fajarsumbar.com - Pemkab Solok Selatan merayakan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) melalui upacara yang dihadiri oleh seluruh ASN dan Forkopimda pada, Senin (22/5/2023). Momen itu akan dijadikan Solok Selatan untuk kebangkitan pula dunia pendidikan di daerah itu.


Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Solok Selatan, Khairunas, dengan membacakan pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI.


Dalam pidato tersebut, disampaikan bahwa 115 tahun yang lalu, persatuan Indonesia sebagai negara mulai terbentuk. 


Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan regional menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.


Boedi Oetomo, yang didirikan oleh dr. Soetomo bersama para mahasiswa STOVIA, bertujuan untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain saat itu. 


Selain itu, Boedi Oetomo juga bertekad untuk mencapai tiga tujuan utama kebangkitan nasional, yaitu memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.


Peringatan Hari Kebangkitan Nasional juga menjadi momen untuk bersyukur atas kemajuan, perbaikan, dan pelajaran yang diperoleh dari perjuangan bangsa. Indonesia juga telah menunjukkan kepemimpinannya di berbagai forum internasional, seperti memimpin G20 dengan tema "Recover Together, Recover Stronger" pada tahun 2022. Selain itu, Indonesia juga menjabat sebagai ketua ASEAN sejak 1 Januari 2023 dengan tema "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth".


Tingginya kepercayaan dunia terhadap Indonesia menjadi momentum untuk menerapkan semangat kebangkitan nasional dalam menghadapi era pascapandemi COVID-19 dan menuju Indonesia Emas 2045. Semua komponen bangsa diharapkan dapat mempertahankan semangat kebangkitan nasional dengan bekerja keras, cerdas, dan bersama-sama demi kemandirian dan kemajuan bangsa.


Upacara tersebut juga diikuti dengan penyerahan bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris Almh Yuningsih, pegawai Dinas Sosial Solok Selatan, serta pemberian penghargaan lainnya oleh Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan.


"Mari kita semua merayakan dan memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini dengan semangat untuk bangkit, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju demi masa depan bangsa yang lebih baik," kata bupati (abg)