Manfaatkan Kampung KB Kurangi Angka Kemiskinan -->

Iklan Atas

Manfaatkan Kampung KB Kurangi Angka Kemiskinan

Jumat, 26 Mei 2023

Armansyah PKB Sungai Pagu Armansyah,  saat memberikan pemaparan terkait dengan Kampung KB itu.


Solsel, fajarsumbar.com - Pembentukan pengurus Kampung Berkualitas (Kampung KB) Nagari Pasir Talang Selatan. 


Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Sungai Pagu diwakili Kabag Kesra, PKB Kecamatan Sungai Pagu, Wali Nagari, Ketua Bamus, Ketua LPMN, Kader KPM, Kepala Jorong se kenagarian Pasir talang Selatan, Jumat (26/5/2023). 


Riri Nofrianti selaku penanggung jawab kegiatan dalam laporanya mengatakan, program ini merupakan satu wilayah setingkat jorong memiliki krateria tertentu. 


Manfaat kampung KB mengurangi angka kemiskinan, dengan tujuan meningkatkan kualitas kehidupan dari kekuarga kecil yang berkualitas. 


Kegiatan ini melibatkan sebanyak 50 orang didanai dengan dana anggaran desa di Nagari Pasir Talang Selatan. 


Ketua Bamus Pasir Talang Selatan Hendrivon dalam arahannya mengatakan, kegiatan Kampung Berkualitas ( Kampung KB) ini sangat besar. manfaatkanya bagi kelangsungan hidup orang banyak, apalagi dalam peningkatan perekonomian dan terjadap kesehatan masyarakat terutama ibu ibu hamil. 


Kami dari anggota Bamus sangat. mendukung setiap kegiatan dan program wali nagari, asalkan itu bermanfaat untuk kemajuan nagari itu sendiri. 


Wali Nagari Pasir Talang Selatan NS Fetri dalam sambutanya mengatakan, program kampun KB ini baru Nahari Pasir Talang Selatan ini, kita yang ke sepuluh kali dalam pelaksanaan kampung KB ini dari 11 nahari yang ada di Kecamatan Sungai Pagu. 


Tujuan dari program Kampung KB adalah salah satunya adalah mutu. pendidikan anak anak lebih meningkat, selanjutnya disektor pendidikan, pertanian dan perekonomian, termasuk penangganan ibu hamil, dan kegiatan ini bukan instruksi dari pemerintah daerah saja, namun ini merupakan program beberapa Kementrian. 


Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan kepada seluruh kader kader yang ada dimasing masing kejorongam agar segera melaksanakan program ini sesuai dengan skedulnya. 


Camat Sungai Pagu yang diwakili Kabag Kesra Bendriono dalam arahanya mengatakan, setiap nagari harus ada Kampung Berkualitas KB, dengan tujuan tidak ada lagi ditemukan sejumlah keluhan masyarakat seperti kasus Stunting, perekonomian, pendidikan dan lainya. 


Dalam hal ini kami dari pihak kecamatan berharap kegiatan ini bisa bermanfaat dalam pencapaian program pemerintah. pusat ini demi untuk kemaslahatan masyarakat banyak.


Kami juga berharap sekali kepada pihak nahari dan Bamus, agar setiap pintu masuk atau batas wilayah bisa. membuatkan gapura Kampung KB, sehingga orang yang masuk bisa mempedomani wilayah Kampung KB ini. 


Setelah dibuka oleh Kabag Kesra Kecamatan dilakukan pemaparan dan pembentukan pengurus Kampung KB oleh PKB Sungai Pagu Armansyah.(Abg)