Usai Pilpres, Para Pendukung Erdogan Unjuk Rasa di Dekat Kantor AKP di Istanbul -->

Iklan Atas

Usai Pilpres, Para Pendukung Erdogan Unjuk Rasa di Dekat Kantor AKP di Istanbul

Senin, 15 Mei 2023

Para pendukung Presiden Recep Tayyip Erdogan berunjuk rasa di Istanbul, Minggu (14/5/2023).


Istanbul– Unjuk rasa spontan oleh para pendukung Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berlangsung di dekat kantor Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa di Istanbul, Minggu (14/5/2023). Aksi massa itu diadakan setelah selesainya pemilihan presiden (pilpres) di negara itu, kemarin.


Menurut laporan TV setempat, Erdogan, yang diusung oleh AKP dan mitra koalisinya, Partai Gerakan Nasionalis, meraup 49,56 persen suara dengan 97,78 surat suara telah dihitung. Sementara penantang utama Erdogan, Kemal Kilicdaroglu, yang diajukan oleh aliansi enam partai oposisi, mengantongi 44,72 persen suara, sebagaimana dikutip iNews.id.


Menurut seorang koresponden kantor berita Sputnik, beberapa pendukung Erdogan telah memblokir jalan di Istanbul, dekat kantor AKP. Akan tetapi, aparat keamanan tidak berusaha menahan siapa pun dari pengunjuk rasa itu. Massa peserta aksi meneriakkan yel-yel dukungan, menyanyikan lagu, membakar suar, dan mengibarkan bendera Turki.


Pemilu presiden dan anggota parlemen telah selesai digelar di Turki pada Minggu kemarin. Kemungkinan besar tidak ada satu pun kandidat presiden yang berhasil meraup 50 persen suara, sehingga putaran kedua pilpres akan digelar pada 28 Mei nanti. (*)