Wakil Rektor III UNP Buka MTQ Mahasiswa se-UNP Dalam Rangka Dies Natalis UNP -->

Iklan Atas

Wakil Rektor III UNP Buka MTQ Mahasiswa se-UNP Dalam Rangka Dies Natalis UNP

Selasa, 24 Oktober 2023


Padang, fajarsumbar.com - Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Yohandri, Ph.D, membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa se-UNP dalam rangka Dies Natalis UNP ke-69 di Masjid Al Azhar UNP, Selasa (24/10/2023).  

Dalam sambutannya, Prof. Yohandri menyampaikan bahwa MTQ Mahasiswa bukan sekadar ajang lomba membaca Al-Qur'an, tetapi juga menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam diri mahasiswa.  

"MTQ Mahasiswa ini harus menjadi ajang untuk melatih mahasiswa agar tidak hanya pandai melantunkan ayat-ayat Al-Qur'an, tetapi juga memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya," kata Prof. Yohandri.  

Ia menjelaskan bahwa UNP memiliki slogan "UNP Jaya dan Bermartabat". Martabat sebuah kampus tidak hanya ditentukan oleh prestasi akademik, tetapi juga oleh karakter civitas akademikanya.  

"Karakter yang baik dibangun oleh nilai-nilai yang mulia. Al-Qur'an adalah sumber nilai-nilai mulia yang dapat menjadi pedoman hidup bagi setiap orang," ujar Prof. Yohandri.  

Ia menambahkan bahwa Rasulullah SAW adalah role model manusia yang sempurna. Dengan meneladani Rasulullah SAW, mahasiswa dapat menjadi pribadi yang memiliki karakter yang baik. 

"Menurut hasil riset, kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh intelektualitas, tetapi juga oleh karakter. Dengan memiliki karakter yang baik, mahasiswa akan disegani oleh semua orang, baik muslim maupun non muslim," kata Prof. Yohandri.  

MTQ Mahasiswa se-UNP diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas di UNP. Perlombaan ini memperlombakan delapan cabang, yaitu Tilawah, Tartil, Fahmil, Tahfidz, Khattil, Syarhil, dan LKTI. 

Panitia Pelaksana MTQ Mahasiswa se-UNP ini adalah para pengurus Unit Kegiatan Kerohanian (UKK) UNP dengan ketua pelaksana Redi (FIK). Panitia dibawah supervisi dosen pembina yaitu Al Ikhlas, Lc, MA dan Drs. Ardi, M.Si".  

Jadwal Kegiatan MTQ Mahasiswa se-UNP yang terbuka untuk umum menyaksikan:  

Selasa, 24 Oktober 2023 

- 08:00 – 08:30: Pawai Kafilah MTQ Perfakultas yang Dilepas oleh Rektor  

- 08:31 – 09:30: Pembukaan Kegiatan MTQ

- 09:31 – 10:30: Technical Meeting  

Rabu, 25 Oktober 2023 

- 08:00 – selesai: Musabaqah Tilawatil Qur’an di Ruang Sidang Senat Universitas  

- 08:00 – selesai: Musabaqah Tartil Qur’an di Aula FPP 

- 08:00 – selesai: Musabaqah Fahmil Qur’an di Ruang Sidang Pascasarjana  

- 08:00 – selesai: Musabaqah Syarhil Qur’an di Auditorium FT Lantai 4  

- 08:00 – selesai: Musabaqah Khattil Qur’an di Gedung MKU  

- 08:00 – selesai: Musabaqah Hifzhil Qur’an di Gedung MKU  

- 08:00 – selesai: Lomba Karya Tulis Ilmiah Halal di Gedung MKU.(*)