Luhut Bantah Isu Pengunduran Sri Mulyani dari Kabinet Indonesia Maju -->

Iklan Atas

Luhut Bantah Isu Pengunduran Sri Mulyani dari Kabinet Indonesia Maju

Sabtu, 27 Januari 2024

Menko Luhut Binsar Pandjaitan bicara soal Menteri Mundur


Jakarta - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan memberikan tanggapannya mengenai desas-desus pengunduran diri beberapa Menteri dalam Kabinet Indonesia Maju, yang disebut-sebut karena perbedaan sikap politik dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Salah satu Menteri yang disebut-sebut akan mundur dari Kabinet Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin adalah Sri Mulyani Indrawati, yang menjabat sebagai Menteri Keuangan (Menkeu).


Luhut sendiri menepis kabar tersebut, menyatakan bahwa Sri Mulyani tidak akan mengundurkan diri dari jabatannya di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dia menegaskan bahwa komunikasi antara dirinya dan mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu berjalan baik, dan tidak ada rencana pengunduran diri.


"Tidak ada, dia (Sri Mulyani) masih berkomunikasi dengan saya dengan baik. Ya (tidak benar), komunikasi kami baik-baik saja," ujar Luhut saat diwawancarai oleh wartawan di Jakarta Pusat pada Jumat (26/1/2024).


Meskipun tidak merinci, Luhut mengakui bahwa Presiden Jokowi telah menawarkan kepada Menteri-menterinya yang terlibat langsung dalam pemilihan presiden 2024 untuk mengundurkan diri dari kabinet.


"Silakan saja jika ingin mundur, sudah ditawarkan mundur tapi belum ada yang mundur," jelasnya.


Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga menepis kabar tentang kemungkinan pengunduran diri 15 Menteri Kabinet Indonesia Maju. Menurutnya, kondisi kabinet dalam keadaan baik.


"Dari informasi yang saya miliki, tidak ada isu di dalam kabinet, yang saya rasakan juga tidak ada isu pengunduran diri menteri. Memang saya membaca di media sosial, saya juga mendengar di televisi, tapi di dalam kabinet tidak ada masalah, semuanya berjalan dengan baik," ucap Ma'ruf dalam keterangan resminya.


Ma'ruf menjelaskan bahwa dalam rapat kabinet di Istana, para Menteri melakukan tugas mereka seperti biasa, dan menurutnya, para Menteri masih bekerja dengan baik.(BY)