FAM Bantah Rumor Pemain Keturunan Malaysia Berkarier di Klub Top Eropa -->

Iklan Atas

FAM Bantah Rumor Pemain Keturunan Malaysia Berkarier di Klub Top Eropa

Rabu, 28 Februari 2024
Ada pemain Manchester United yang disebut memiliki darah Malaysia. 


Fajarsumbar.id - Presiden Federasi Sepakbola Malaysia (FAM), Dato Hamidin Mohd Amin, menanggapi kabar tentang banyaknya pemain keturunan Malaysia yang bermain di klub-klub teratas di Eropa. Dato Hamidin Mohd Amin dengan tegas membantah kabar tersebut yang telah beredar di berbagai platform media sosial.


Ia juga menegaskan bahwa FAM tidak sedang melakukan proses naturalisasi terhadap pemain keturunan mana pun. Oleh karena itu, Dato Hamidin Mohd Amin merasa heran ketika FAM dituduh sedang mencari banyak pemain keturunan.


“Saya ingin menjelaskan mengenai pemain naturalisasi. Beberapa media atau portal sepakbola menyatakan bahwa FAM telah melakukan dokumentasi. Namun, di pihak kami, hal tersebut tidak benar. Minggu lalu, saya bertemu dengan pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, dan tidak ada pembicaraan mengenai pemain keturunan,” ujar Dato Hamidin Mohd Amin, seperti yang dilansir dari Makan Bola.


“Mereka yang disebut sebagai pemain keturunan yang banyak diperbincangkan di media sosial Malaysia bukanlah warga Malaysia, jadi itu adalah kabar yang tidak benar,” tambahnya.


Alih-alih mencari pemain keturunan, Dato Hamidin Mohd Amin berfokus pada pengembangan bakat-bakat lokal dengan memperbaiki kualitas kompetisi sepakbola di tingkat pemuda. Dengan demikian, diharapkan prestasi Timnas Malaysia dapat meningkat.


Sebelumnya, akun Instagram/TikTok @ftfuturutalents telah membagikan beberapa nama pemain yang diklaim memiliki darah Malaysia. Salah satunya adalah penyerang Manchester United U-18, Ethan Wheatley.


Ethan Wheatley, yang lahir pada 20 Januari 2006, kini berusia 18 tahun. Dari 22 pertandingan bersama Manchester United U-18 musim ini, Ethan Wheatley telah mencetak delapan gol dan memberikan tiga assist.


Jika Ethan Wheatley benar-benar dapat dinaturalisasi, tentunya hal tersebut akan menjadi kabar baik bagi Timnas Malaysia. Namun, jika ternyata Ethan Wheatley tidak memiliki darah Malaysia, maka pernyataan yang disampaikan oleh Dato Hamidin Mohd Amin akan terbukti benar.


Sejauh ini, Timnas Malaysia memang telah banyak diperkuat oleh pemain-pemain naturalisasi. Namun, mayoritas dari mereka adalah pemain asing yang berkarier di Liga Malaysia.(BY)