Mendorong Masa Depan Sepakbola, Azraai Khor Abdullah dan FAM -->

Iklan Atas

Mendorong Masa Depan Sepakbola, Azraai Khor Abdullah dan FAM

Sabtu, 03 Februari 2024

Timnas Malaysia diminta contoh Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.


Fajarsumbar.id - Mantan pemain Timnas Malaysia, Azraai Khor Abdullah, mengajukan permintaan kepada Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) untuk mengambil contoh dari keberanian Shin Tae-yong yang mempercayakan pemain muda dalam Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023. Menurutnya, hal ini penting untuk mempersiapkan masa depan sepakbola Malaysia yang lebih cerah dengan memperkuat skuad timnas dengan pemain muda berkualitas.


Timnas Malaysia masih banyak mengandalkan pemain senior dalam ajang Piala Asia 2023. Azraai menyoroti bahwa banyak pemain seperti Junior Eldstal, Paulo Josue, Darren Lok, Daniel Ting, Brendan Gan, dan La’Vere Corbin-Ong yang usianya di atas 30 tahun.


Sementara itu, Timnas Indonesia tampil dengan skuad termuda di Piala Asia 2023, dengan rata-rata usia 22,5 tahun. Pemain-pemain seperti Ernando Ari, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Justin Hubner, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, dan Witan Sulaeman memiliki usia di bawah 23 tahun.


Meskipun demikian, tim yang dilatih oleh Shin Tae-yong ini berhasil lolos ke babak 16 besar melalui peringkat ketiga terbaik, sementara Malaysia, yang mengandalkan banyak pemain senior, gagal melangkah lebih jauh di fase grup.


Azraai Khor Abdullah menegaskan bahwa FAM perlu memperhatikan masa depan dengan melibatkan lebih banyak pemain muda. Dia mencatat bahwa klub-klub besar cenderung terlalu bergantung pada pemain asing, sehingga menyisihkan peluang bagi pemain lokal untuk mendapatkan waktu bermain.


“Klub-klub cenderung fokus pada memenangkan kompetisi tertentu tanpa memperhatikan pengembangan bakat muda. Jika ini terus berlanjut, talenta muda kita akan terpinggirkan, dan dampaknya akan dirasakan tim nasional dalam jangka panjang," ujar Azraai Khor Abdullah seperti yang dilaporkan oleh New Straits Times.(BY)