Musrenbang Ini Dapat Menjadi Salah Satu Prioritas Bahagian Dari Hasil Reses Pokok-Pokok Pikiran DPRD -->

Iklan Atas

Musrenbang Ini Dapat Menjadi Salah Satu Prioritas Bahagian Dari Hasil Reses Pokok-Pokok Pikiran DPRD

Wandi
Jumat, 02 Februari 2024





Tiga serangkai, pimpinan Solok Selatan, hadir pada acara Musrenbang Kecamatan SBH dihalaman kantor camat setempat. (Abg

Solsel, fajarsumbar.com - Pelaksanaan Musawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan sudah memasuki hari ke lima, kali ini Musrenbang dilaksanakan dikecamatan Sangir Balai Janggo SBH), Kabupaten Solok Selstan, (Sumbar). Kamis (2/2/2024).

Musrenbang kecamatan SBH turut dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Letua DPRD, OPD, Camat se Solok Selatan, tokoh masyarakat, niniak mamak, bundo kanduang dan unsur lainya, berlangsung dihalaman kantor Camat setempat. 


Camat Sangir Batang Hari Mardison dalam laporanya mengatakan, Musrenbang kali ini merupakan lanjutan dari Musrenbang ditingkat kenagarian, Musrenbang ini bertujuan untuk menampung aspirasi dan usulan dari bawah terkait dengan kegiatan legiatan yang didanai baik itu dana nagari, kabupayen maupun APBD. 

Sehingga hari ini usulan otu sidah rampung tinggalengajukan ketingkat kabupaten,akanya diadakan Musrenbang tingkat kecamatan, selain itu juga diadakan pemberian beras cadangan dan bibit buah biahan untuk tingkat pelajar. 

Sementara itu Bupati Solok Selatan Khairunas dalam sambutanya mengatakan Atas nama Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran kita semua pada Musrenbang Kecamatan Sangir Batang Hari. 

Mustenbang ini merupakan pelaksanaan yang Kelima dari rangkaian Musrenbang tingkat Kecamatan dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Solok Selatan Tahun 2025.

Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan ini merupakan salah satu upaya partisipatif yang dilakukan untuk menghimpun dan menggali informasi dari aspirasi masyarakat dalam penyusunan dokumen perencanaan daerah, pada hari ini Kami Bupati dan Wakil Bupati beserta jajaran menjemput langsung aspirasi tersebut.

Dilihat dari capaian kinerja makro Kabupaten Solok Selatan pada tahun 2023 terus mengalami perbaikan, hal ini dapat dilihat dari pencapaian beberapa indikator antara lain:

Indeks pembangunan manusia mengalami kenaikan dari 69,71 point pada tahun 2022 menjadi 70,58 point pada tahun 2023
Tingkat kemiskinan mengalami penurunan dari  dari 69,51 persen pada tahun 2022 menjadi 69,45% pada tahun 2023
Tingkat penganguran mengalami penurunan dari 3,71 persen menjadi 2,57 persen.
Rata-rata pengeluaran perkapita penduduk mengalami peningkatan dari 1,24 juta menjadi 1,41 juta per penduduk
Pertumbuhan ekonomi diharapkan mengalami peningkatan dari 4,02 persen pada tahun 2022 menjadi 4,14 persen pada tahun 2023.

Hal tersebut tidak terlepas dari berbagai realisasi program unggulan, kebijakan dan pembangunan yang sudah dilakukan diantaranya. 

Penyediaan seragam sekolah gratis di berbagai tingkat TK/PAUD, SD, SMP, SMA dan Madrasah dengan total 17.281 (Tujuh Belas Ribu Dua Ratus Delapan Puluh Satu) stel seragam. Program ini akan tetap dilanjutkan pada tahun 2024 ini, karena sudah kita sediakan anggaran sebesar 4,2 Milyar untuk seragam sekolah gratis di berbagai tingkat TK/PAUD, SD, SMP, SMA dan Madrasah.
Sektor kesehatan, selama tahun 2023 ini pula, capaian kepesertaan BPJS penduduk Solok Selatan menembus angka 97,22% dari total jumlah penduduk sebanyak 182.315 jiwa. Itu berati, kurang lebih sebanyak 177.247 penduduk Solok Selatan telah tercover BPJS. Dan pada tahun 2024 kami menargetkan 98% penduduk Kabupaten Solok Selatan tercover BPJS.

Tidak hanya itu, pemerintah juga memberikan Beasiswa kepada 410 (Empat Ratus Sepuluh) siswa SD dan 410 (Empat Ratus Sepuluh) siswa SMP dengan total anggaran mencapai Rp. 512.500.000,- (Lima Ratus Dua Belas Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) serta Bantuan Perguruan Tinggi bagi siswa berprestasi di tahun 2023 sebanyak 198 orang Mahasiswa yang berasal dari Solok Selatan. 

Pendirian rumah tahfiz yang saat ini berjumlah 379 dengan rincian sebanyak 274 rumah tahfiz binaan dan 105 Rumah tahfiz mandiri. 

Pemberian 2000 (dua ribu) jaminan keselamatan kerja kepada pekerja rentan se-Kabupaten Solok Selatan
Pada tahun 2023 telah menyalurkan sebanyak 516 ekor Sapi kepada 31 kelompok.

Selain itu untuk mengurangi beban biaya produksi petani melalui program pemberian bibit tanaman, pupuk, alsintan dan pembinaaan kelompok petani
Kita juga telah melakukan bantuan stimulan-stimulan kepada masyarakat berupa sembako untuk penanganan inflasi melalui Dinas Sosial dan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Ketahanan Pangan.

Pemerintah daerah telah membina sebanyak 294 UMKM, dan memberikan bantuan berupa peralatan terhadap  504 UMKM naik dari tahun sebelumnya yang baru dibantu 49 UMKM.


Dan juga pada tahun ini, kita akan menambah 1 unit Excavator untuk pembukaan jalan dan penanganan jalan-jalan Kecamatan dan Nagari yang belum terakomodir didalam APBD. Hingga awal tahun 2024 ini, melalui program satu kecamatan satu ekskavator ini, kita telah meningkatkan dan memperbaiki jalan antar nagari dan kecamatan sepanjang 56 Kilometer.

Kecamatan Sangir Batang Hari merupakan Kecamatan yang berada paling ujung Kabupaten Solok Selatan yang memiliki kekayaan akan sumber daya alam pada sektor perkebunan, peternakan dan pertambangan.
 
Permasalahan utama dari pembangunan di Kecamatan Sangir Batang adalah aksesibilitas yang rendah yang disebabkan rendahnya kualitas ruas jalan Provinsi terutama ruas jalan abai-sungai dareh.
Alhamdulillah berkat dorongan keras dari Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan, pada tahun 2024, Provinsi Sumatera Barat telah menganggarkan sebesar Rp.14,5 milyar untuk peningkatan jalan Abai-Sungai Dareh.

Selain itu pemerintah daerah Solok Selatan juga telah mengangarkan beberapa pembangunan infrastruktur dan sarana dan prasarana pada tahun 2024 antara lain:
Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan sebesar 1,26 milyar yang terdiri dari. 

Pembangunan Laboratorium dan mebel SMP 11 Solok Selatan 
Pengadaan peralatan penunjang SMP se Kecamatan Sangir Batang Hari 
Pengadaan peralatan teknologi dan peralatan penunjang SD se Kecamatan Sangir Batang Hari.

Pembangunan Area Bermain Beserta APE Luar Ruangan TK Negeri 01 
Penyediaan Air Bersih Puskesmas Sangir Batang Hari sebesar Rp. 270 juta.
Peningkatan jalan penghubung Kecamatan Sangir Balai Janggo dan Sangir Batang Hari yaitu Jalan Abai  Simpang  TIS sebesar Rp 16,5 milyar.

Peningkatan drainase, jalan lingkar, jalan permukiman, dan jalan usaha tani sebanyak 13 paket dengan nilai sebesar Rp. 1,5 milyar.
Peningkatan Jaringan Irigasi Permukaan sawah lubuk komang abai sebesar 100 juta. 

Pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan ini bertujuan untuk menghimpun dan menggali masukan secara partisipatif informasi dan aspirasi masyarakat dalam menyusun perencanaan pembangunan untuk tahun 2025.

Oleh karena itu, Saya menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat maupun aparatur pemerintah mulai dari tingkat Nagari, Kecamatan dan Kabupaten agar dapat memanfaatkan forum ini dengan sebaik-baiknya. 

Kami berharap usulan yang disampaikan sebelumnya merupakan kebutuhan prioritas, mendesak serta berdampak luas terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dikarenakan kemampuan APBD dan sumber daya yang kita miliki cukup terbatas.
Untuk perangkat daerah di intruksikan agar mengkaji dan memprioritaskan usulan yang telah disampaikan pada forum ini, dalam upaya pencapaian Visi dan Misi RPJMD  Tahun  2021-2026. 

Khusus kepada pimpinan dan anggota DPRD, kami meminta agar usulan Musrenbang ini dapat menjadi salah satu prioritas bahagian dari hasil Reses Pokok-Pokok Pikiran DPRD.

Usai dibuka dilakukan penandatangan hasil kesepakatan RKP tahun 2025. (Abg