Dampak Pemilu 2024 pada Industri Otomotif, Penjualan Kendaraan Niaga Turun Drastis -->

Iklan Atas

Dampak Pemilu 2024 pada Industri Otomotif, Penjualan Kendaraan Niaga Turun Drastis

Rabu, 13 Maret 2024

Sempat turun, penjualan kendaraan niaga diharapkan meningkat usai Pemilu 2024.


Jakarta – Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 memberikan dampak yang dirasakan oleh industri otomotif di Indonesia, terutama pada penjualan kendaraan niaga yang mengalami penurunan signifikan sejak awal tahun ini.


PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) adalah salah satu produsen yang merasakan dampak tersebut. Mereka melaporkan bahwa pesta demokrasi tersebut membuat calon konsumen menunda pembelian.


Kepala Divisi Operasi Bisnis & Strategi PT IAMI, Attias Asril, mengakui hal tersebut. Meskipun penjualan menurun, namun ada peningkatan dalam beberapa segmen.


“Memang penjualan dan jumlah unit mengalami penurunan. Namun, pangsa pasar kami meningkat untuk truk, pikap, dan truk sedang. Ini terjadi menjelang Pemilu,” ujar Attias di Jakarta Convention Center, beberapa waktu lalu.


Ia mengakui bahwa sejumlah konsumen enggan membeli mobil sebelum Pemilu 2024, yang menyebabkan penjualan kendaraan komersial dari Jepang tersebut sempat tersendat.


“Beberapa pembeli kami mengatakan mereka menunggu hasil Pemilu 2024. Kami berharap bisnis dapat kembali berjalan normal, karena bagi para pengusaha, stabilitas kondisi sangat penting,” ungkapnya.


Namun, Attias tidak merinci seberapa besar penurunan penjualan kendaraan komersial Isuzu selama Pemilu 2024 berlangsung. Tetapi, ia optimistis bahwa angka penjualan akan pulih setelah Pemilu, terlihat dari antusiasme yang terlihat pada pameran.


“Kondisi untuk berinvestasi agak tertahan. Para pengusaha menunggu melihat kondisi terlebih dahulu. Selama pameran ini, kita sudah melihat antusiasme dari pengusaha, harapan mulai kembali. Kami berharap dapat menjual ribuan unit lagi,” ucapnya.


Untuk meningkatkan penjualan, Isuzu juga memberikan apresiasi kepada pelanggan setia mereka di wilayah Jabodetabek. Ini adalah salah satu strategi Isuzu dalam memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen mereka.


“Isuzu Appreciation Day diadakan khusus untuk mitra Isuzu di wilayah Jakarta. Kami menghargai kontribusi mereka yang konsisten terhadap kesuksesan kami, baik dalam penjualan maupun layanan purna jual,” kata Attias.(BY)