Proses Naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Menuju Timnas Indonesia, Kendala dan Harapan -->

Iklan Atas

Proses Naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Menuju Timnas Indonesia, Kendala dan Harapan

Selasa, 05 Maret 2024

Thom Haye terancam gagal memperkuat Timnas Indonesia di laga kontra Timnas Vietnam


Fajarsumbar.id - Alasan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen hampir pasti gagal membela Timnas Indonesia melawan Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dibahas. Kedua pemain tersebut kecil kemungkinannya akan mengenakan seragam Merah Putih dalam waktu dekat.


Keduanya berpotensi absen karena proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) masih memakan waktu yang panjang. Berkas mereka masih harus dipertimbangkan di Komisi III dan X DPR, Keputusan Presiden (Keppres) naturalisasi harus dikeluarkan oleh Presiden, pemain harus mengambil sumpah, dan proses perpindahan federasi juga harus dilakukan.


Sebenarnya, berkas naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen telah diajukan ke DPR pada awal Februari 2024. Namun, karena pada saat itu DPR sedang dalam masa reses hingga 4 Maret 2024.


Hal ini berarti bahwa proses naturalisasi Haye dan Oratmangoen paling cepat akan dibahas di DPR pada Selasa (5/3/2024). Melihat proses naturalisasi Jay Idzes, berkasnya baru dikeluarkan sebagai Keppres enam hari setelah dibahas di Senayan.


Ini berarti bahwa Keppres untuk proses naturalisasi Thom dan Ragnar kemungkinan akan dikeluarkan pada 11 Maret 2024. Langkah berikutnya adalah pengambilan sumpah.


Apakah keduanya dapat langsung mengambil sumpah pada 12 Maret 2024? Jawabannya mungkin. Karena keduanya telah bermain bersama klub masing-masing pada 10 Maret 2024.


Namun, sayang bagi mereka, pendaftaran pemain untuk pertandingan Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam akan ditutup pada 13 Maret 2024, sesuai dengan yang diungkapkan oleh Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji. Dengan demikian, keduanya dapat dikatakan terlambat.


Karena itu, mereka masih harus menunggu proses perpindahan federasi yang memakan waktu satu minggu. Hanya dengan keajaiban atau percepatan yang bisa membuat Haye dan Oratmangoen tampil melawan Vietnam.


Ada kemungkinan besar bahwa kedua pemain baru akan tampil paling cepat pada Juni 2024. Indonesia akan menghadapi Timnas Irak dan Timnas Filipina secara beruntun di Tanah Air pada dua pertandingan terakhir dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.(BY)