Pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara, Fakta dan Persiapan yang Perlu Diketahui -->

Iklan Atas

Pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara, Fakta dan Persiapan yang Perlu Diketahui

Minggu, 21 April 2024

PNS Pindah ke IKN di September 2024.


Jakarta - Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan anggota TNI/Polri, akan segera melakukan pemindahan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun ini. Sejumlah biaya terkait pemindahan tersebut akan ditanggung oleh pemerintah, termasuk biaya untuk membawa keluarga.


Dalam proses pemindahan ini, para ASN, PNS, TNI, dan Polri akan diberikan tunjangan atau biaya pindah. Mereka akan dipindahkan secara bertahap dan akan mendapatkan fasilitas pendukung.


Fasilitas tersebut disiapkan untuk memastikan kehidupan yang aman dan nyaman bagi para pegawai yang akan dipindahkan.


Berikut beberapa fakta terkait pemindahan PNS ke IKN yang diungkapkan pada Minggu (21/4/2024):


Biaya Pindah ke IKN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menjelaskan bahwa beberapa komponen biaya yang ditanggung oleh negara untuk ASN yang pindah ke IKN meliputi tiket pesawat, biaya pengepakan, biaya tunggu, dan biaya transportasi.


"Mulai dari pemindahan, Pemerintah akan membantu dalam mendapatkan biaya pengepakan, tiket pesawat, dan lain-lain," ujar Anas dalam konferensi pers di kantor Kementerian Kominfo.


Tanggungan untuk 5 Anggota Keluarga

Dari berbagai biaya yang disebutkan di atas, negara hanya akan menanggung biaya untuk 5 orang, yaitu: 1 ASN, 1 pasangan ASN, 2 anak, dan 1 asisten rumah tangga (ART).


Pemberian Tunjangan Khusus

Anas juga mengatakan bahwa Pemerintah sedang menyusun aturan untuk memberikan tunjangan khusus, seperti tunjangan pionir, bagi para PNS yang dipindahkan ke IKN. Dengan penambahan tunjangan ini, gaji PNS di IKN akan menjadi lebih besar.


Pemindahan ASN ke IKN pada September 2024

Pemindahan ASN baru akan dimulai pada bulan September 2024, setelah peringatan upacara kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang.


Kesiapan Hunian PNS di IKN

Azwar Anas menjelaskan bahwa pemindahan ASN akan diprioritaskan setelah upacara kemerdekaan 17 Agustus karena masih diperlukan apartemen yang cukup untuk tamu negara dan peserta upacara. Pemindahan ASN diharapkan dapat dilakukan pada bulan September.(BY)