Range Rover Listrik, Era Baru Ketangguhan di Dunia SUV -->

Iklan Atas

Range Rover Listrik, Era Baru Ketangguhan di Dunia SUV

Jumat, 26 April 2024

Range Rover EV segera meluncur tahun ini.


Jakarta - Land Rover, produsen mobil mewah asal Inggris, sedang bersiap untuk menghadirkan mobil listrik baru yang sangat tangguh dan dapat menaklukkan segala medan. Range Rover, yang akan sepenuhnya menggunakan tenaga listrik, diperkirakan akan diluncurkan secara global menjelang akhir tahun ini.


Sebagai SUV dengan reputasi ketangguhan yang sudah tak diragukan lagi, Range Rover dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup boros. Untuk mengatasi hal ini, Land Rover telah mengeluarkan model hybrid, dan kini mereka siap untuk merilis model listrik yang sepenuhnya mengandalkan tenaga baterai.


Berdasarkan laporan dari Motor1 pada Kamis (25/4/224), Range Rover EV ini akan menawarkan performa yang serupa dengan mesin V8 konvensional, namun tentunya tanpa emisi. Mobil ini telah diuji secara intensif di berbagai medan sulit untuk memastikan kemampuannya.


Teaser terbaru yang dirilis oleh Land Rover menampilkan gambar SUV mewah Range Rover tanpa stiker penyamaran. Dari teaser tersebut, terlihat bahwa desainnya hampir identik dengan model bermesin konvensional.


Range Rover EV telah diuji dalam berbagai kondisi ekstrem, mulai dari cuaca beku dengan suhu -40 derajat Fahrenheit (-40 derajat Celcius) hingga gurun panas di Timur Tengah dengan suhu 122 derajat Fahrenheit (50 derajat Celcius).


Uji coba pertama dilakukan di Swedia dengan fokus pada performa baterai, transmisi, dan motor listrik pada suhu di bawah nol derajat. Komponen-komponen ini dipasang oleh Land Rover sendiri untuk pertama kalinya.


Dibandingkan dengan pengaturan kontrol traksi standar yang menggunakan ABS, perangkat keras baru pada Range Rover EV dapat mendistribusikan manajemen traksi roda ke setiap unit penggerak listrik, mengurangi waktu reaksi torsi roda dari sekitar 100 milidetik menjadi hanya 1 milidetik.


Fitur-fitur lainnya dirancang untuk meminimalkan intervensi ABS dan meningkatkan kemampuan pengereman, bahkan di permukaan yang licin. Land Rover mengklaim bahwa SUV listrik ini akan didukung oleh sistem propulsi listrik internal terbaru yang menawarkan performa dan cengkraman yang lebih baik. Range Rover EV akan menggunakan sistem penggerak empat roda dengan dua motor.


Land Rover juga mengungkapkan bahwa SUV listrik terbarunya akan menggunakan platform modular longitudinal architecture (MLA). Platform ini tidak hanya mendukung pengisian daya cepat dan melindungi baterai, tetapi juga memungkinkan mobil untuk melintasi air dengan kedalaman hingga 850 milimeter.(BY)