Media Vietnam Kritik Keputusan Wasit di Laga Indonesia vs Filipina -->

Iklan Atas

Media Vietnam Kritik Keputusan Wasit di Laga Indonesia vs Filipina

Kamis, 13 Juni 2024

 

Laga Indonesia vs Filipina dipimpin wasit Rustam Lutfullin asal Uzbekistan.


Jakarta - Media Vietnam menyoroti dugaan keuntungan Timnas Indonesia dari keputusan wasit Rustam Lutfullin dalam pertandingan melawan Filipina, Selasa (11/6) malam.


"Dalam kenyataannya, Vietnam Mengalami Kerugian dan Indonesia Diuntungkan oleh Wasit Uzbekistan," demikian judul tulisan yang diungkapkan oleh Soha.


Pelatih Filipina, Tom Saintfiet, mengungkapkan pandangannya terkait keputusan wasit dalam konferensi pers pasca pertandingan, menyatakan bahwa wasit membuat keputusan yang tidak adil.


"Ada saat ketika salah satu pemain kami jatuh setelah bertabrakan dengan kiper Indonesia. Itu seharusnya penalti karena kiper Indonesia tidak menyentuh bola, namun bertabrakan dengan keras dengan pemain kami. Saya tidak ingin membicarakan wasit lebih jauh," ujar pelatih asal Belgia tersebut.


Saintfiet juga menyebutkan bahwa insiden tersebut bisa menjadi poin balik dalam pertandingan, menyarankan bahwa perpanjangan waktu seharusnya lebih panjang karena adanya kehadiran ambulans di lapangan.


Soha, dalam laporan tersebut, juga menyinggung bahwa pertandingan antara Indonesia dan Filipina tidak menggunakan VAR.


Meskipun mengkritik keputusan wasit, Soha mengakui dominasi yang mutlak dari Indonesia dalam pertandingan tersebut.


"Faktanya, Indonesia tampil mengesankan dengan kemenangan besar atas Filipina," tulis Soha.


"Dalam Grup F, Indonesia secara keseluruhan menunjukkan penampilan yang lebih baik daripada Vietnam, pesaing langsung mereka. Keberhasilan pelatih Shin Tae Yong dan timnya meraih tiket ke babak berikutnya adalah pencapaian yang pantas," demikian penutup laporan tersebut mengenai prestasi Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.(des)