Sekwan DPRD Sumbar Terima Kunjungan DPRD Agam, Pembentukan DOB Jadi Topik Pembahasan -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Sekwan DPRD Sumbar Terima Kunjungan DPRD Agam, Pembentukan DOB Jadi Topik Pembahasan

Jumat, 14 Juni 2024
.


Padang, fajarsumbar.com - Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat, Raflis, menerima kunjungan Ketua DPRD dan anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Agam. 


Salah satu topik yang dibahas adalah perkembangan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Agam.


“Kami telah melakukan kajian bersama para ahli sesuai prosedur yang berlaku, karena memerlukan persetujuan dari Pemprov Sumbar. DPRD Provinsi Sumbar sedang dalam proses pembahasan di tingkat pimpinan, mengingat padatnya agenda terkait dengan Ranperda dan Pansus RPJPD yang menjadi acuan bakal calon kepala daerah di Kabupaten dan Kota,” kata Raflis di ruang khusus II DPRD Sumbar, Jumat, 14 Juni 2024.


Dia menambahkan bahwa di sekretariat DPRD Sumbar terdapat tim ahli perencanaan yang merupakan tokoh di bidangnya, dan semua ini dilakukan sebagai bagian dari proses evaluasi.


Ketua DPRD Kabupaten Agam, Novi Irwan, menyatakan bahwa pihaknya telah mendorong pemekaran Nagari di Kabupaten Agam, merespons permintaan tinggi dari masyarakat.


“Sebanyak 65 Nagari telah menandatangani kesepakatan lengkap dengan naskah akademik dari sudut pandang para ahli untuk menentukan Ibu Kota baru, yang akan menjadi dasar bagi pembentukan Perda,” ujar Novi.


Diskusi ditutup dengan sesi tanya jawab interaktif, di mana anggota DPRD Kabupaten Agam mendapatkan wawasan baru yang diharapkan dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas di daerah.(*)