Tingkatkan Minat Baca, Dispusip Padang Gelar Lomba Bertutur Tingkat SD -->

Iklan Atas

Tingkatkan Minat Baca, Dispusip Padang Gelar Lomba Bertutur Tingkat SD

Rabu, 19 Juni 2024
.


Padang - Meningkatkan minat baca anak, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Dispusip) Kota Padang menggelar lomba bertutur tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kota Padang di Kawana Hotel, Rabu (19/06/2024). Peserta terbaik nantinya akan dipilih sebagai wakil Kota Padang pada lomba yang sama di tingkat provinsi dan nanti sampai tingkat nasional.

"Diharapkan dengan adanya ajang tahunan lomba bertutur siswa-siswi sekolah dasar tingkat Kota Padang ini dapat menumbuhkembangkan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui buku-buku cerita daerah," kata Kepala Dispusip Kota Padang, Feri Mulyani Hamid.

Dikatakannya, kemampuan bertutur adalah buah dari pemahaman memaknai yang tersirat dan tersurat yang diperoleh dari aktivitas membaca.

Lewat membaca akan diperoleh informasi atau ilmu pengetahuan dan semakin menguatkan literasi di tengah masyarakat sebagaimana yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia.

"Setelah mengetahui pentingnya membaca, maka dari pada itu pembudayaan gemar membaca perlu ditanamkan sejak usia dini dan dilaksanakan secara berkelanjutan dalam kondisi yang kondusif, harmonis, dan komunikatif yang melibatkan berbagai pihak," ujar Feri Mulyani.

Dikatakannya, membaca bukanlah kebiasaan yang biasa, tetapi hal biasa yang harus dibiasakan, seperti pepatah mengatakan "alah bisa karena biasa".

"Kita membiasakan diri kita untuk membaca seperti kita lakukan pada kebiasaan lain. Perpustakan sangat berkaitan dengan buku, dengan kita mencintai perpustakaan maka kita akan mencintai buku dan minat dalam membaca buku," ujarnya.

Terkait minat baca, salah satu yang berperan aktif ialah pemerintah, di sini pemerintah mempunyai tugas mencerdaskan anak-anak bangsa agar terwujudnya negara yang maju serta dapat bersaing dengan negara lain.

"Untuk mensukseskan pengembangan gemar membaca di kalangan masyarakat dan satuan pendidkan, salah satu program tahunan yang laksanakan adalah lomba bertutur siswa–siswi sekolah dasar tingkat kota padang yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kota Padang. Dengan adanya lomba ini semoga para peserta lomba nantinya menjadi agen literasi cilik yang dapat meningkatkan kegemaran membaca di lingkungan sekitarnya," pungkas dia. (taufik/Charlie)