Detail Pemindahan ASN ke IKN, Tahapan, Hunian dan Insentif -->

Iklan Atas

Detail Pemindahan ASN ke IKN, Tahapan, Hunian dan Insentif

Sabtu, 06 Juli 2024

PNS pindah ke IKN akan tinggal di apartemen


Jakarta — Pegawai Negeri Sipil (PNS) direncanakan akan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) pada akhir tahun 2024. Mereka akan ditempatkan di rumah dinas yang disediakan oleh pemerintah.


Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas setelah mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta.


Mengenai tempat tinggal PNS, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan bahwa pejabat eselon I yang akan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menempati satu unit apartemen sendiri atau bersama keluarga.


"Tadi diputuskan apakah satu unit apartemen ini akan digunakan bersama atau sendiri. Pak Presiden memutuskan bahwa eselon I yang sudah berkeluarga akan menempati satu unit apartemen sendiri," kata Azwar, dikutip oleh Antara, Rabu (3/7/2024).


Pemindahan PNS ke IKN akan dilakukan secara bertahap.


"Kami tadi menyampaikan tahapan pemindahan ASN ke IKN, yang meliputi jangka pendek, menengah, hingga masa depan yaitu periode 2030-2034 dan seterusnya," ujar Azwar Anas, dikutip oleh Antara, Rabu (3/7/2024).


Berikut ini adalah tujuh poin penting terkait pemindahan PNS ke IKN:


Eselon I Tinggal Bersama Keluarga

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan bahwa pejabat eselon I yang pindah ke IKN akan menempati satu unit apartemen sendiri atau bersama keluarga. "Pak Presiden memutuskan bahwa eselon I yang sudah berkeluarga akan menempati satu unit apartemen sendiri," kata Azwar.


ASN Jomblo Tinggal Sendiri

Pegawai ASN yang belum berkeluarga akan menempati satu unit apartemen dengan tiga kamar, berbagi dengan rekan ASN lainnya.


Jumlah Apartemen Siap Huni

Berdasarkan koordinasi dengan Kementerian PPN/Bappenas, hingga November 2024 diperkirakan akan ada 47 menara apartemen yang siap huni di IKN. Setiap menara akan memiliki 60 unit apartemen dengan luas 98 meter persegi dan tiga kamar. Sebanyak 29 menara akan diisi oleh ASN, dan 18 menara oleh TNI/Polri, dengan kapasitas total 1.740 ASN.


Penyelesaian Pembangunan Apartemen

Pembangunan 47 menara apartemen akan selesai secara bertahap, dengan 8 menara pertama selesai pada bulan Juli, dan sisanya pada September hingga Oktober 2024.


Tahapan Pemindahan ASN

Azwar Anas menjelaskan tahapan pemindahan ASN ke IKN dalam rapat terbatas dengan Presiden. Tahapan ini mencakup jangka pendek, menengah, hingga periode 2030-2034 dan seterusnya.


Penyaringan ASN Sebelum Pindah

Penyaringan kementerian/lembaga yang akan pindah ke IKN dilakukan secara bertahap dan sistematis, berdasarkan peran strategis, daya saing, kemandirian ekonomi, serta risiko.


Insentif Kepindahan ASN

Pemerintah telah merumuskan insentif anggaran dan percepatan kenaikan jabatan bagi ASN yang pindah ke IKN. Insentif ini termasuk perhitungan biaya hidup di IKN dan percepatan kenaikan pangkat bagi ASN yang memenuhi kualifikasi. "Pak Presiden meminta kami merumuskan insentif pemindahan ASN ke IKN, baik berupa anggaran maupun percepatan kepangkatan," kata Azwar Anas di Jakarta.(BY)