Tarif Listrik Tetap, Pemerintah Jaga Daya Saing Industri -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Tarif Listrik Tetap, Pemerintah Jaga Daya Saing Industri

Rabu, 03 Juli 2024

Ilustrasi-Pelanggan PLN dari sektor UMK yang menggunakan listrik untuk mesin produksi makanan.


Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan bahwa tarif listrik untuk triwulan III (Juli-September) tahun 2024 tetap tidak berubah.


Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jisman P. Hutajulu, menjelaskan bahwa kebijakan ini diambil untuk menjaga daya saing industri dan mengontrol inflasi.


Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016 jo. Peraturan Menteri ESDM Nomor 8 Tahun 2023, penyesuaian tarif listrik untuk 13 golongan pelanggan nonsubsidi dapat dilakukan setiap tiga bulan sesuai dengan perubahan parameter ekonomi makro seperti nilai tukar, Indonesian Crude Price (ICP), inflasi, dan Harga Batu Bara Acuan (HBA).


"Meski seharusnya ada kenaikan tarif listrik berdasarkan empat parameter ekonomi tersebut (nilai tukar, ICP, inflasi, dan HBA) dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, Pemerintah memutuskan tarif listrik tetap tidak berubah untuk menjaga daya saing dan mengendalikan inflasi," kata Jisman di Jakarta, Jumat (28/6).


Untuk triwulan III tahun 2024, parameter ekonomi makro yang digunakan adalah realisasi pada bulan Februari, Maret, dan April 2024, yaitu nilai tukar Rp15.822,65/USD, ICP sebesar 83,83 USD/barrel, inflasi 0,38%, dan HBA sebesar 70 USD/ton sesuai kebijakan DMO Batubara.


Jisman menambahkan bahwa tarif listrik untuk 25 golongan pelanggan bersubsidi juga tidak mengalami kenaikan dan tetap mendapatkan subsidi listrik.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, memastikan perusahaan terus melakukan efisiensi dan menyediakan listrik yang andal serta berkualitas bagi seluruh pelanggan di Indonesia.


"Kehadiran listrik sangat penting bagi pergerakan ekonomi. Kami terus memastikan pelanggan mendapatkan listrik yang andal dan berkualitas," ujar Darmawan.


Selain itu, untuk menjaga pasokan listrik yang andal guna mendukung perekonomian nasional, PLN terus aktif meningkatkan penjualan dan memberikan berbagai promo serta insentif menarik bagi pelanggan.


"PLN berkomitmen menyediakan energi listrik yang andal dan terjangkau untuk menjaga tingkat inflasi dan daya saing industri. Kami juga akan terus meningkatkan efisiensi dan penjualan listrik," tambah Darmawan.


Informasi lengkap tentang tarif listrik kuartal III 2024 (Juli-September) dapat diakses melalui https://web.pln.co.id/pelanggan/tarif-tenaga-listrik/tariff-adjustment. (des)