TSR Bupati Hamsuardi Menyambangi Masyarakat Sinuruik -->

Iklan Atas

TSR Bupati Hamsuardi Menyambangi Masyarakat Sinuruik

Selasa, 27 April 2021

 



Pasbar - Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Hamsuardi menyambangi masyarakat Jorong Paroman Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau, Senin (26/4/2021) malam.


Kunjungan tersebut merupakan agenda safari ramadhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasbar hari ke 3 yang dilaksanakan di Masjid Nurul Iman Jorong Paroman.


Bupati Hamsuardi mengatakan bahwa setiap malamnya ada 11 masjid yang dikunjungi oleh tim safari ramadhan. "Sedikit banyaknyabuntuk tahun ini terdapat Empat Puluh Empat (44) masjid yang dikunjungi oleh tim safari ramadhan," kata Hamsuardi.


"Malam ini merupakan pertemuan dan silaturahmi yang istimewa antara Pemkab Pasbar dengan masyarakat Nagari Sinuruik. Tim safari ramadhan terdiri dari sebelas tim dan ada 44 masjid yang dikunjungi sesuai jadwal yang telah ditentukan," katanya.


Di dalam kunjungan tim, Lanjutnya ada beberapa program prioritas yang ingin disosialisasikan kepada masyarakat sesuai visi dan misi bupati Pasbar diantaranya adalah program magrib mengaji. Program magrib mengaji digalakkan dengan harapan setiap rumah di Pasbar, selepas magrib masyarakat melakukan pembacaab al-qur'an. Hal tersebut merupakan upaya dalam rangka meningkatkan nilai-nilai keagamaan.


"Kita ada program magrib mengaji untuk meningkatkan nilai-nilai keagamaan. Saya sudah surati seluruh kecamatan. Camat Talamau paling merespon perihal program ini karena langsung ditindaklanjuti," kata Hamsuardi.


Selanjutnya program rumah tahfidz juga akan menjadi prioritas ke depan. Melalui pendirian rumah tahfidz pada setiap kecamatan diharapkan akan mendorong terciptanya generasi penghafal al-qur'an. 


"Seorang penghafal al-qur'an akan membawa sepuluh orang yang berkontribusi untuk menjadikannya hafidz ke dalam surga. Saya ingin menjadi bagian dari orang-orang yang menjadikan banyak orang hafidz al-qur',an dengan mendirikan rumah tahfidz, sehingga dalam kurun waktu dua tahun kedepan akan tercipta banyak penghafal al-qur'an di Pasbar," tuturnya.


Hamsuardi menilai bahwa pembangunan fisik itu jauh lebih mudah daripada membangun karakter generasi yang punya mental agama. Jika pembangunan fisik pemerintah daerah bisa menganggarkan sesuai kebutuhan. Membangun jalan atau jembatan lebih mudah daripada menciptakan seorang penghafal al-qur'an.


Seterusnya pemerintah daerah juga akan fokus pada program pendidikan gratis bagi siswa SD, SMP dan SMA. Penerapan pendidikan gratis dengan tidak adanya lagi biaya pungutan yang berdalih apa pun. Apalgi dihubungkan dengan dana nomor ujian atau uang raport. "Saya akan tindak tegas jika ada pungutan liar di sekolah," tegasnya.


Diakhir sambutannya, Hansuardi berharap silaturahmi antara Pemkab Pasbar dengan masyarakat akan terus terjalin dan masyarakat dapat mendukung semua kegiatan yang sudah di programkan.


"Apa pun programnya harus kita kaitkan dengan kehidupan beragama sehingga ada manfaat bagi kita untuk kehidupan dunia dan akhirat," harapnya.


Turut hadir dalam kunjungan safari ramadhan tersebut, Ketua TP. PKK Pasbar, Ny. Titi Hamsuardi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Hendra Putra, Kepala Dinas Kominfo, Edy Murdani, Kepala DPMP2T Fadlus Sabi, Kepala Bank Nagari Simpang Empat, Hendri Masri, Kabag Kesra Hendrizal, Forkopimca Talamau, Wali Nagari Sinuruik, kepala jorong Paroman, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. (safnil)