Bupati Padang Pariaman Tinjau Kerusakan Irigasi Kapalo Banda Piliang -->

Iklan Atas

Bupati Padang Pariaman Tinjau Kerusakan Irigasi Kapalo Banda Piliang

Kamis, 20 Mei 2021
.


Aur Malintang, fajarsumbar.com -  Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dari Pasar Sungai Geringging menempuh perjalanan dengan menyusuri jalan perbukitan 10 km di Korong Lancang untuk bisa sampai dil okasi hulu Irigasi Kapalo Banda Piliang.


Jalan yang ditempuh Bupati Suhatri Bur itu mempunyai topografi kemiringan mencapai 80 Derajat naik-turun perbukitan itu dilakoni dengan berjalan kaki sepanjang 1,5 Km. 


Hal ini kita lakukan, ujar Bupati Suhatri Bur, untuk menyaksikan langsung sejauh mana kerusakan Irigasi Kapalo Banda Piliang di Korong Lancang  Nagari III Aur Malintang Selatan, Kecamatan IV Koto Aur Malintang ini.



"Kita meminta agar Kepala Dinas PUPR untuk turun langsung melakuksn survei lokasi supaya dapat menghitung perencanaannya," ungkapnya.


Kata dia, kita telah lama mendengar permasalahan irigasi Kapalo Banda Piliang ini yang tak kunjung teratasi, sehingga kita perlu cek langsung ke lapangan.


Bupati Suhatri Bur juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat IV koto Aur Malintang baik diranah maupun dirantau yang telah "Badoncek" untuk mengatasi sementara kerusakan Kapalo Banda Piliang dengan total sumbangan mencapai Rp 80 juta.


Dalam kesempatan itu, Bupati Suhatri Bur ikut serta " Badoncek" atas nama pribadi dan rombongan, bukan atas nama Bupati. 


"Jika atas nama Bupati, saya telah intruksikan Kadis PUPR dan Kabid PSDA untuk survey langsung dan menghitung perencanaannya," ujar dia. 


Koordinator Penyuluh Kecamatan IV Koto Aur Malintang M.Radi mengatakan irigasi Kapalo Banda Piliang ini mengairi 325 Ha lahan pertanian serta sebagai sumber air utama untuk pasokan Balai Benih Ikan (BBI) Aur Malintang yang persis berada di Simpang Lancang.


"Kita berharap irigasi ini dapat direvitalisasi total agar kita dapat kesawah sepanjang tahun," harapnya. 


Dalam kunjungan lapangan ini, Bupati Suhatri Bur didampingi Jogya atas Kadis Perizinan Padang Pariaman dan Kabag Humas dan Protokol Anton Wira Tanjung.(r-saco)