Peringatan HUT PGRI ke-76 akan Dipusatkan di Padang Panjang -->

Peringatan HUT PGRI ke-76 akan Dipusatkan di Padang Panjang

Kamis, 14 Oktober 2021

 

Peringatan HUT PGRI ke-76 akan Dipusatkan di Padang Panjang

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Kota Padang Panjang kembali dipercaya sebagai tuan rumah kegiatan tingkat Provinsi Sumatra Barat. Kali ini, melalui hasil rapat pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) seluruh kabupaten dan kota 16 September lalu, menyepakati kegiatan HUT PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional tahun 2021 dipusatkan di Kota Serambi Mekkah ini.


Ketua PGRI Sumbar, Drs. Darmalis, M.Pd menyampaikan hal tersebut usai pertemuannya dengan walikota Fadly Amran di rumah dinas walikota , Rabu, (13/10). Turut hadir, Ketua PGRI Padang Panjang, Drs. Afrizal, M.Pd, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Zulkifli, S.H, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Drs. M. Ali Tabrani, M.Pd. 


Dikatakan Darmalis, HUT PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional 2021, direncanakan digelar 27-29 November nanti. "Puncak acaranya pada 29 November dengan pelaksanaan upacara," ujarnya.


Di samping itu PGRI Sumbar, lanjut Darmalis, akan mengusulkan Wako Fadly mendapatkan penghargaan tertinggi PGRI yaitu Dwija Praja Nugraha dari PB PGRI. 


"Kita akan mengurus administrasi serta kelengkapan dokumen ke PB PGRI pusat. Kita meyakini Wako Fadly layak mendapatkannya," jelasnya.


Sementara Afrizal menjelaskan, pada HUT nanti akan digelar perlombaan guru dari kabupaten/kota di Sumbar. Antara lain MTQ antar guru, menyanyi antar guru, dan olahraga.  


"Ada dua cabang olahraga yaitu tenis meja, dan bulu tangkis," jelasnya.


Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, lanjut Afrizal, kunjungan guru dari berbagai kabupaten dan kota dibatasi maksimal 20. 


"Tapi di hari H, puncak upacara itu masing-masing kabupaten kota menghadirkan 10 orang perwakilannya. Direncanakan upacara di halaman balaikota.


Ditambahkan Zulkifli, setelah MTQ Nasional XXXIX Tingkat Sumbar, dilanjutkan kegiatan lainnya dalam rangka Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang ke-231. Salah satu yang mengisi ialah HUT PGRI. 


Menurut Zulkifli, walikota menyatakan terbuka kesempatan berbagai organisasi menggelar acara jelang HJK nanti. 

"Pak walikota mengapresiasi PGRI. Kemudian harapan beliau agar memberikan pelayanan terbaik, sehingga ada kesan tersendiri dari kabupaten/kota yang mengunjungi Padang Panjang," sebutnya.


Sekretaris Biro Pengembangan Karir PGRI Sumbar, Dr. Asep Ajidin, MH mengatakan, PGRI lahir 25 November 1945. 


"Setelah 100 hari Indonesia merdeka, lahirlah PGRI. Kelahiran PGRI merupakan pemersatu dari  berbagai macam organisasi guru yang ada di Republik Indonesia ketika itu," terangnya.


Menurutnya, PGRI-lah yang diakomodir Undang-Undang. "Kelahiran PGRI tanggal 25 November 1945 ini dijadikan sebagai Hari Guru Nasional. Sekarang menjadi yang ke-76. Tahun 1994 pemerintah mengeluarkan Inpres No. 1 yang menyatakan setiap 25 November menjadi Hari Guru Nasional. Istilahnya, HUT PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional tahun 2021," ungkapnya. (syam)