Bupati Padang Pariaman Launching Penyerahan Bantuan Sosial Tunai MRP Tahap I Tahun 2024 -->

Iklan Atas

Bupati Padang Pariaman Launching Penyerahan Bantuan Sosial Tunai MRP Tahap I Tahun 2024

Kamis, 15 Februari 2024
Bupati Suhatri Bur bersama warga masyarakat KPM bantuan sosial tunai MRP ketika launching di Sungai Limau, Kamis 15 Februari 2024 (foto.doc.ikp)


Sungai Limau - Bupati Suhatri Bur lounching penyerahan Bantuan Sosial Tunai Mitigasi Resiko Pangan (BST - MRP) Tahap I tahun 2024 di Padang Pariaman bertempat di Kecamatan Sungai Limau, Kamis (15/2/2024).


Bupat Suhatri Bur menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) yang telah memfasilitasi penyerahan bantuan mitigasi resiko pangan (MRP) dan program keluarga harapan (PKH) tahap I tahun 2024.


"Tentu, bantuan ini sangat berarti bagi masyarakat kita, walaupun jumlahnya tidak banyak. Namun demikian, setidaknya akan membantu meringankan beban masyarakat penerima manfaat" ucapnya.


Suhatri Bur menjelaskan, PKH 2024 merupakan salah satu bantuan dari pemerintah yang ditujukan khusus untuk memberikan dukungan keuangan kepada KPM yang termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial. 


"Program ini bagian dari strategi pemerintah untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan. Yakni dengan menyediakan bantuan moneter langsung yang dapat membuat perbedaan substansial dalam kehidupan mereka yang membutuhkan" sebut Bupati Suhatri Bur.


Ia menerangkan setelah BLT Elnino selesai pada tahun 2023, untuk memitigasi risiko kenaikan harga pangan sebagai dampak ketidakpastian global, maka dilaksanakan penyaluran BLT Lanjutan. Dalam hal ini, sebagai penebalan Kartu Sembako/BLT Mitigasi Risiko Pangan bagi KPM sama dengan penerima BPNT/Kartu Sembako. 


Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3A Sumarni melaporkan, Padang Pariaman pada tahun 2023 telah menerima beberapa jenis bantuan kepada masayarakat. Bantuan berupa BPNT sebesar Rp 58.081.750.000,- Bantuan PKH sebesar Rp 70.029.739.992.-


"Tahap I ini, kita akan salurkan sebesar Rp 15.976.075.000,- dengan penerima 24.263 yang tersebar di 17 Kecamatan pada 103 Nagari" terangnya


Dalam kegiatan ini dihadiri dari jajaran Dinas Sosial P3A, Camat Sungai Limau Dawanis, Eksekutifve Maneger PT. Pos Indonesia, Unsur Pimpinan Kecamatan, dan wali Nagari se-Kecamatan Sungai Limau.(rsaco).