Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Belum Ada Pembahasan Lanjutan -->

Iklan Atas

Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Belum Ada Pembahasan Lanjutan

Rabu, 07 Februari 2024

Arya Sinulingga buka suara soal kontrak Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia. 


Jakarta – Arya Sinulingga, Anggota Exco PSSI, memberikan pernyataan mengenai masa depan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Dia menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada pembicaraan mengenai perpanjangan kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.


Kontrak Shin Tae-yong dijadwalkan akan berakhir pada bulan Juni 2024. Sebelumnya, PSSI telah menetapkan target bagi Shin Tae-yong saat memimpin Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U-23 dalam Piala Asia.


Meskipun Shin Tae-yong telah mencapai target bersama Timnas Indonesia senior dengan lolos ke babak 16 besar, namun masih ada target lain yang harus dicapai bersama Timnas Indonesia U-23, yaitu melaju ke babak delapan besar.


Timnas Indonesia U-23 akan bertanding dalam Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Qatar pada tanggal 15 April hingga 3 Mei 2024. Di turnamen tersebut, Timnas Garuda Muda akan berada di Grup A bersama Qatar, Australia, dan Yordania.


Arya Sinulingga mengungkapkan bahwa Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, dan Shin Tae-yong telah bertemu setelah Piala Asia. Namun, dalam pertemuan tersebut tidak ada pembahasan terkait perpanjangan kontrak.


"Tidak ada pembahasan terkait kontrak, karena saat ini tidak ada keputusan apapun mengenai perpanjangan atau pemutusan kontrak. Tidak ada pembahasan sama sekali," ungkap Arya di Jakarta, pada hari Selasa (6/2/2024).


Menurut Arya Sinulingga, saat ini PSSI akan mengevaluasi pencapaian Timnas Indonesia U-23 terlebih dahulu sebelum melakukan pembicaraan lebih lanjut. Dia juga menyebut bahwa dalam pembicaraan sebelumnya mengenai perpanjangan kontrak hingga bulan Juni 2024, Shin Tae-yong telah menyetujui.


"Telah disepakati bahwa kita akan memperpanjang kontrak dengan Shin Tae-yong selama 6 bulan. Sudah ada kesepakatan bahwa Shin Tae-yong harus mencapai babak 16 besar, serta lolos ke babak 8 besar di AFC U-23," jelas Arya Sinulingga.


Arya juga menyatakan bahwa tidak ada masalah jika Shin Tae-yong menargetkan agar Timnas Indonesia U-23 dapat mencapai babak semifinal. Baginya, hal tersebut merupakan hal yang positif jika tim tersebut mampu mencapai pencapaian tersebut.


"Bahkan, Shin Tae-yong mengungkapkan targetnya adalah mencapai babak 4 besar. Ini berarti mencapai kualifikasi Olimpiade, dan itu merupakan hal yang positif," tambahnya.(BY)