PLN Siap Mendukung F1 Powerboat 2024 di Danau Toba dengan Pasokan Listrik Ramah Lingkungan -->

Iklan Atas

PLN Siap Mendukung F1 Powerboat 2024 di Danau Toba dengan Pasokan Listrik Ramah Lingkungan

Kamis, 08 Februari 2024

PLN Siapkan Listrik Ramah Lingkungan untuk F1 Powerboat 2024.


Jakarta - PT PLN (Persero) telah menyediakan pasokan listrik untuk acara kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H20) 2024 yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-3 Maret 2024 di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara. Sumber listrik yang disiapkan merupakan solusi ramah lingkungan yang mendukung pengembangan green sport tourism.


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan bahwa menjadi tuan rumah perhelatan F1 Powerboat untuk kedua kalinya merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia. Dengan digelarnya acara ini di Danau Toba, Luhut mengungkapkan bahwa kolaborasi antara pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah membawa Danau Toba dan Indonesia bersinar di mata dunia.


"Kami harus bekerja sama secara tim untuk memastikan kesuksesan acara F1 Powerboat ini. Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terkait, khususnya BUMN seperti PLN yang telah memberikan dukungan untuk kelancaran acara ini," ujar Luhut pada hari Kamis (7/2/2024).


Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo atau yang akrab dipanggil Tiko, menyatakan bahwa sinergi antara BUMN merupakan salah satu kunci kesuksesan acara internasional ini. PLN telah menyediakan pasokan listrik terbaiknya untuk mendukung kelancaran acara internasional tersebut.


"Kami berkolaborasi dan bekerja sama untuk menjadi penyelenggara terbaik. Danau Toba menjadi pusat perhatian dunia dan ini merupakan dukungan dari semua BUMN, termasuk PLN yang telah menyediakan listrik dengan optimal," kata Tiko.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa PLN berkomitmen penuh untuk mendukung semua acara internasional yang diselenggarakan di Indonesia. Dengan pengalaman yang telah dimiliki dalam mensukseskan berbagai acara internasional, PLN siap untuk memastikan kelancaran pasokan listrik mulai dari lokasi acara hingga fasilitas pendukungnya.


"Ajang-ajang internasional adalah wajah Indonesia di mata dunia. Oleh karena itu, kami siap mengamankan pasokan listrik di lokasi acara F1 Powerboat, termasuk fasilitas pendukungnya," ungkap Darmawan.


Darmawan optimis bahwa F1 Powerboat tahun 2024, yang akan diikuti oleh 20 pembalap dari 12 negara, akan berjalan sukses seperti tahun sebelumnya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pasokan listrik untuk acara ini akan berasal dari pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT), seperti pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) Hutaraja dengan kapasitas 2×2,5 megawatt (MW) dan PLTMH Aek Silang 2 dengan kapasitas 2×5 MW.


Selain itu, perhelatan ini diharapkan dapat mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi prioritas Indonesia secara internasional, sekaligus meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM di Kawasan Danau Toba.


"Keberhasilan pelaksanaan F1 Powerboat tahun lalu memberikan kami bekal untuk mensukseskan F1 Powerboat 2024 dengan memastikan persiapan pasokan listrik dapat berjalan dengan lancar," tambahnya.(BY)