Target Proyek Strategis Nasional Tahun 2024, Evaluasi dan Tantangan -->

Iklan Atas

Target Proyek Strategis Nasional Tahun 2024, Evaluasi dan Tantangan

Minggu, 11 Februari 2024

Proyek Strategis Jokowi di Akhir Masa Jabatannya.


Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur hingga akhir masa jabatannya.


Pemerintah menargetkan penyelesaian 32 Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun ini. Proyek tersebut dibagi menjadi dua tahap penyelesaian, di mana 32 proyek direncanakan selesai antara Januari hingga 20 Oktober 2024, sedangkan tahap kedua diharapkan rampung antara 20 Oktober hingga Desember 2024.


"Presiden meminta percepatan PSN tahun ini dan memastikan tidak ada proyek yang terbengkalai," ungkap Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Perekonomian Wahyu Utomo.


Sementara itu, Jokowi menegaskan bahwa 42 Proyek Strategis Nasional (PSN) tidak akan selesai pada tahun 2024. Sebanyak 12 proyek unggulan Jokowi telah dihapus dari daftar PSN pada tahun 2023.


Di antara proyek-proyek tersebut adalah Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya dan pembangunan jalan tol di Sumatera.


Berdasarkan penelusuran Okezone pada Minggu (11/2/2024), terdapat 4 fakta mengenai Proyek Strategis di Akhir Masa Jabatan, beserta 12 Proyek yang Dibatalkan, sebagai berikut:


Proyek PSN yang Direncanakan Selesai pada 2024

Diantara 32 PSN yang direncanakan selesai pada tahun 2024, terdapat 3 proyek jalan tol, seperti Jalan Tol - Cimanggis - Cibitung yang direncanakan selesai pada bulan Maret, Jalan Tol Kisaran - Tebing Tinggi tahap 1 (Kisaran - Indrapura) yang direncanakan selesai pada bulan Februari, dan Jalan Tol Sigli - Banda Aceh yang direncanakan selesai pada bulan Juni.


Selain itu, terdapat 2 proyek PSN di sektor transportasi yang direncanakan selesai pada tahun 2024, seperti pembangunan Benoa Maritime Tourism Hub yang direncanakan selesai pada bulan Oktober, dan Pengembangan Pelabuhan Teluk Palu yang direncanakan selesai pada bulan Februari.


Ada juga 14 PSN di sektor Bendungan dan Irigasi yang direncanakan selesai pada Semester I 2024, seperti Bendungan Pamukkulu di Sulsel, Bendungan Lausimeme di Sumut, Bendungan Marga Tiga di Lampung, dan lain-lain.


Sementara proyek Bendungan dan Daerah Irigasi yang direncanakan selesai pada semester 2 termasuk Rehab Daerah Irigasi Glapan di Jateng, Pembangunan Bendungan Jlantah di Jateng, Bendungan Jragung di Jateng, dan lainnya.


Juga terdapat 11 PSN di sektor Kawasan Industri (KI) yang direncanakan selesai hingga Oktober 2024, seperti KI Bantaeng di Sulsel, KI Kendari di Sultra, KI Tanah Kuning, dan lainnya.


12 Proyek Jokowi yang Dicoret

Kementerian Perekonomian menyatakan bahwa 12 proyek tersebut dicoret karena tidak menunjukkan progres setidaknya hingga akhir semester II 2023. Oleh karena itu, proyek-proyek ini dianggap akan melewati target yang ditetapkan.


Wahyu menjelaskan, "Berdasarkan evaluasi kami, sampai dengan semester II/2024 tidak ada kemajuan yang signifikan, sehingga atas arahan Presiden, proyek-proyek ini kami keluarkan dari daftar PSN."


Nasib Proyek yang Dicoret

Meskipun dicoret dari daftar PSN, masih ada kemungkinan bahwa proyek-proyek tersebut akan dikerjakan di masa mendatang. Namun, proyek-proyek yang tidak masuk dalam daftar PSN tidak akan mendapatkan keringanan dalam masalah pembebasan lahan yang ditanggung oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).


Masalah Lahan

Masalah pembebasan lahan muncul karena adanya tumpang tindih status lahan antara instansi pemerintah, swasta, dan BUMN, serta tumpang tindih klaim lahan antara pemerintah dan masyarakat.


Masalah Perizinan

Wahyu menyatakan bahwa masalah perizinan sudah mulai teratasi dengan diberlakukannya UU Cipta Kerja dan peluncuran sistem OSS sebagai platform untuk penerbitan perizinan.


Daftar 12 Proyek yang Dibatalkan

Berikut adalah 12 proyek yang dibatalkan:


Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

Penyediaan Air Baku Sidan di Provinsi Bali

Jalan Tol Rantau Prapat - Kisaran

Jalan Tol Langsa - Lhokseumawe

Jalan Tol Lhokseumawe - Sigli

Jalan Tol Dumai - Sp. Sigambal - Rantau Prapat

Jalan Tol Muara Enim - Lahat - Lubuk Linggau

SPAM Djuanda/Jatiluhur II, Jawa Barat - DKI Jakarta

SPAM Jatigede di Jawa Barat

SPAM Kamijoro di D.I. Yogyakarta

Pelabuhan Ambon Baru

Kawasan Industri Tanggamus di Lampung.(BY)