ITP Terapkan Program Kampus Merdeka -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

ITP Terapkan Program Kampus Merdeka

Rabu, 07 April 2021

Kampus ITP


Padang, fajarsumbar.com - Institut Teknologi Padang (ITP) kembali membuktikan komitmennya dalam menerapkan program Kampus Merdeka. Hal ini  berdasarkan surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  (Kemdikbud RI) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor. 1418/E2/DM.00.01/2021.


Dua Program Studi (Prodi) di ITP yakni, Prodi Teknik Mesin Sarjana dan Teknik Informatika dinyatakan lolos Proposal Program Bantuan Program Studi menjadi Model Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) 2021.


“Alhamdulillah, kerja keras Prodi Teknik Mesin dan Teknik Informatika berbuah manis. 2 Prodi ini lolos program CoE, tentunya ini juga bentuk keseriusan kita dalam menerapkan program kampus merdeka,” ujar Wakil Rektor I ITP Firmansyah David, Ph.D, Selasa (6/4/2021).


Firman mengatakan luaran dari program CoE ini ialah kedua prodi tersebut menjadi role mode bagi prodi lain dan perguruan tinggi lain dalam penerapan kurikulum MBKM yang mana masing-masing prodi tersebut sudah menyiapkan kegiatan-kegiatan yang diterapkan dalam semester genap ini.


Kepala Prodi Teknik Informatika ITP, Eva Yulianti, M.Cs mengungkapkan, ada 3 kegiatan yang dilaksanakan dalam program CoE tersebut yakni, pertukaran mahasiswa, magang di Indutri dan Asistensi mengajar di satuan pendidikan.


“Untuk pelaksanaannya sendiri, sudah harus jalan dari bulan April sampai dengan November Tahun 2021 ini, karena bulan Desember kita sudah harus menyiapkan laporannya,” imbuh Eva.


Sementara itu, Kepala Prodi Teknik Mesin Sarjana Hendriwan Fahmi, M.T mengatakan, ada 4 kegiatan yang akan dilaksanakan dalam program CoE tersebut yakni, penyusunan kurikulum MBKM, pertukaran mahasiswa, magang mahasiswa di dunia industri, dan kolaborasi penelitian.


“Terget kita di kolaborasi penelitian nanti akan bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Andalas Unand,” pungkasnya.


Selanjutnya, dua program studi yang lolos tersebut akan mengikuti bimbingan teknis dari Kemendikbud.(rel itp/roni dz)