Berdayakan Drainase, Pemnag Lubuk Basung Bagikan 15.000 Bibit Ikan -->

IKLAN ATAS

Berdayakan Drainase, Pemnag Lubuk Basung Bagikan 15.000 Bibit Ikan

Rabu, 28 Juli 2021

 

Wali Nagari Lubuk Basung menyerahkan bibit ikan pada masyarakat

Lubuk Basung, fajarsumbar. com  -Kegiatan bagi - bagi bibit oleh Pemerintah Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, terus berlanjut. Wali Nagari Lubuk Basung Darma Ira Putra SE Dt  Batuah didampingi perangkat nagari turun langsung meyerahkan bibit ikan pada kelompok masyarakat di nagari itu.Rabu (28/7)

Lima lokasi  di empat jorong penerima bantuan terdiri dari Jorong Balai Ahad dua lokasi, Surabayo satu lokasi, Nagari Persiapan Sungai Jariang satu lokasi dan Nagari Persiapan Sangkir satu lokasi. dengan jumlah bibit 15.000

Penyerahan bibit pada masyarakat  dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) penanganan Covid-19, Masing-masing lokasi lubuk larangan masyarakat  diberikan 3.000 bibit, Semoga dengan ditebarnya bibit dilubuk larangan ini kedepan bisa menjadi potensi ekonomi bagi masyrakat sekitar,” ujar Wali Nagari Lubuk Basung, Darma Ira Putra.

Hingga kini, katanya, bibit yang disebar ke masyarakat sudah lebih 100.000, yang tersebar di seluruh jorong di Nagari Lubuk Basung.

“Target awal penebaran bibit ikan ini sebanyak 170.000, karena permintaan cukup banyak kita tambah 50.000 lagi,” sebutnya.

Dikatakannya, dalam penebaran bibit ini pemerintah nagari memberdayakan pembibitan anak Nagari Lubuk Basung untuk mendapatkan bibit, sekaligus sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

Darma Ira menjelaskan, penebaran bibit ini merupakan program pemerintah nagari di 2021, dalam memberdayakan drainase atau irigasi untuk budidaya ikan, serta meningkatkan aktivitas masyarakat dengan cara budidaya ikan melalui bandar larangan. 

“Melalui kegiatan ini tentu drainase atau irigasi di Nagari Lubuk Basung akan jadi bersih dari sampah dan airnya juga lebih terkontrol,” terangnya.

Tidak hanya itu, hasil tangkapan ikan ini nantinya juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk sumbangan pembangunan masjid, penerang jalan dan lainnya. (Yanto)