Bantah Diserang Rudal Ukraina, Rusia: Kapal Perang Rusia Moskva Tenggelam -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Bantah Diserang Rudal Ukraina, Rusia: Kapal Perang Rusia Moskva Tenggelam

Jumat, 15 April 2022

 

Kapal perang Rusia Moskva dinyatakan tenggelam

RUSIA – Kementerian Pertahanan Rusia mengonfirmasi sebuah kapal perang Rusia yang rusak akibat ledakan pada Rabu (13/4) telah tenggelam.


Menurut kementerian, Moskva, kapal utama Armada Laut Hitam Rusia, sedang ditarik ke pelabuhan ketika "lautan badai" menyebabkan kapal itu tenggelam.


Kapal ini ini dilaporkan tenggelam setelah mengalami kebakaran. Kebakaran itu menyebabkan ledakan amunisi kapal perang. Seluruh kru kemudian dievakuasi ke kapal Rusia terdekat di Laut Hitam. Namun Rusia tidak memberikan rincian lebih lanjut, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Kapal penjelajah rudal 510 awak adalah simbol kekuatan militer Rusia, memimpin serangan angkatan lautnya di Ukraina.


Awalnya, media pemerintah Rusia mengatakan kapal perang itu mengapung, Kamis (14/4) malam, namun kemudian mengabarkan bahwa kapal itu telah hilang.


"Saat ditarik... menuju pelabuhan tujuan, kapal kehilangan keseimbangan karena kerusakan yang terjadi di lambung saat kebakaran terjadi setelah amunisi meledak. Mengingat laut berombak, kapal tenggelam," kantor berita negara Tass mengutip pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.


Sementara itu, Kyiv mengatakan serangan misilnya mengenai kapal perang itu. Moskow belum melaporkan serangan apa pun.


Pejabat militer Ukraina mengatakan mereka menyerang Moskow dengan rudal Neptunus buatan Ukraina - senjata yang dirancang setelah aneksasi Rusia atas Krimea pada tahun 2014, dan ancaman angkatan laut ke Ukraina di Laut Hitam semakin meningkat.


Seorang pejabat senior Ukraina mengatakan sebanyak 510 awak mungkin berada di atas Moskow.


Pada hari pertama invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari lalu, Moskva menjadi terkenal setelah menyerukan garnisun kecil pasukan perbatasan Ukraina yang mempertahankan Pulau Ular di Laut Hitam untuk menyerah.


Kapal ini Awalnya dibangun di era Soviet, Moskva mulai beroperasi pada awal 1980-an. Kapal itu sebenarnya diletakkan di kota Mykolaiv di selatan Ukraina, yang telah dibom berat oleh Rusia dalam beberapa hari terakhir.


Kapal penjelajah rudal yang dipandu sebelumnya dikerahkan oleh Moskow dalam konflik Suriah di mana ia memasok pasukan Rusia di negara itu dengan perlindungan angkatan laut.


Kapal ini dilaporkan memiliki 16 rudal anti-kapal Vulkan dan berbagai senjata anti-kapal selam dan torpedo ranjau.


Jika serangan Ukraina dikonfirmasi, Moskva seberat 12.490 ton akan menjadi kapal perang terbesar yang ditenggelamkan oleh aksi musuh sejak Perang Dunia Kedua.


Ini adalah kapal besar kedua yang hilang dari Rusia sejak dimulainya invasi. Pada Maret lalu, kapal pendarat Saratov dihancurkan oleh serangan Ukraina di pelabuhan Berdyansk, pelabuhan Ukraina Laut Azov yang direbut oleh Rusia. (*)