Kantor Samsat Denpasar Terbakar, Polisi: Data Penting hingga Alat Cetak Pelat Nomor Ludes -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Kantor Samsat Denpasar Terbakar, Polisi: Data Penting hingga Alat Cetak Pelat Nomor Ludes

Kamis, 14 April 2022

.


DENPASAR - Kebakaran yang melanda Kantor Samsat Kota Denpasar menimbulkan dampak berarti. Pasalnya, api melahap perangkat komputer hingga alat cetak pelat nomor kendaraan bermotor ikut ludes.


"Komputer dan alat cetak plat nomor kendaraan bermotor terbakar semua," kata Kasi Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi, Kamis (14/4/2022).


Dia menjelaskan, dari sembilan ruangan dalam satu gedung yang terbakar, ada dua ruangan yang penting. Pertama ruangan SIM B milik Polda Bali, sebagaimana dikutip okezone.com.


Di ruang ini, seluruh arsip SIM B dan perangkat komputer hangus menjadi arang. Komputer itu berisi data-data penting SIM B, termasuk juga data sidik jari.


Ruangan penting lainnya yaitu ruang yang berisi alat percetakan pelat nomor kendaraan. Dengan begitu, pencetakan pelat nomor kendaraan sementara tidak bisa dilakukan.


Mengenai penyebab kebakaran, polisi menduga sejauh ini akibat hubungan arus pendek. "Dugaan sementara korsleting listrik," ujar Sukadi.


Diberitakan sebelumnya, Kantor Samsat Denpasar di Jalan Cok Agung Tresna terbakar hebat, Kamis (14/4/2022) dinihari. Ada sembilan ruangan dalam satu gedung yang terbakar.


Kobaran api berhasil ditangani setelah tiba empat unit mobil pemadam dibantu warga sekitar. Akibat kebakaran, kerugian ditaksir sekitar Rp500 juta.(*)