Wabup Way Kanan Buka Apel Kesiapan dan Sosialisasi Tanggap Bencana -->

Wabup Way Kanan Buka Apel Kesiapan dan Sosialisasi Tanggap Bencana

Jumat, 18 November 2022
.


Way Kanan -Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Way Kanan menggelar apel siaga bencana, dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Ali Rahman, di Blambangan Umpu, Rabu (17/11/2022).


Hadir  Kepala Dinas Sosial, Bismijanadi, dan Koordinator Tagana Provinsi Lampung Imam Setiwan.


Apel Siaga Bencana tersebut diikuti oleh 40 orang peserta dilanjutkan dengan sosialisasi penanggulangan bencana..


Menurut Wakil Bupati Way Kanan, menjadi perhatian bersama terkait dengan penanggulangan bencana, yaitu Penanganan penyelenggaraan penanggulangan bencana, diarahkan dengan menitikberatkan pada pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana melalui program Pengurangan Resiko Bencana (PRB), Orientasi serta pemahaman siklus bencana.


 "Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dalam rangka keterlibatan masyarakat dalam penanggulangan bencana adalah dengan pembentukan Taruna Siaga Bencana (Tagana), yang merupakan program Nasinal yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Ali Rahman.


Di Way kanan potensi bencana alam seperti banjir kerap terjadi pada musim penghujan pada daerah bantaran sungai.


"Tagana dibutuhan setiap saat ada bencana karnanya mereka perlu dibekali ilmu pengetahuan terutama masalah pertolongan pertama pada bencana," tambahnya.


Selain itu mereka juga bekali ilmu pengetahuan yang nantinya berguna untuk mengedukasi masyarakat jika daerahnya tiba-tiba terkana bencana alam. (Heri)